Minggu, 12 Februari 2012

SMK MA'ARIF 1 WATES


Teknik-teknik dasar FUTSAL


HAL YANG DIPERLUKAN SEORANG KIPER
https://lh4.googleusercontent.com/-iUH8mSLjNMY/TY3IJSAB-MI/AAAAAAAAKkw/-mJiGXXaVNo/s320/futsal.jpg

Poin-Poin Penting Yang Wajib Dimiliki Seorang Penjaga Gawang. Penjaga gawang mempunyai peran yang sangat sentral dalam permainan futsal, baik saat menyerang maupun saat bertahan. Distribusi bola melalui lemparan dan tendangan ke arah pemain lainnya dapat mengawali sebuah serangan. Dalam bertahan, melalui komandonya, pertahanan yang rapi dapat dilakukan.
Dalam futsal, penjaga gawang memiliki kualitas yang sama dengan pemain di lapangan. Pada situasi tertentu, ia pun bisa terlibat langsung dengan para pemain lain dalam sebuah skema serangan.
Dengan kata lain, seorang kiper harus memiliki skill individu (gocekan, dribling, serta passing) yang mumpuni. Itu semua perlu dilatih secara kontinu.
Pada edisi kali ini, BolaGoalNet akan membahas pola latihan yang diperuntukkan khusus buat penjaga gawang. Poin-poin penting yang wajib dimiliki seorang penjaga gawang:

1. Keberanian
Seorang penjaga gawang harus memiliki keberanian menentukan tindakan apa yang harus ia ambil dalam sebuah situasi. Olah raga futsal amat mobil, pergerakan bola amat cepat. Setiap saat situasi bisa berubah.
Sebuah tim yang menyerang secara tiba-tiba bisa mengalami situasi tak menguntungkan mendapat reaksi serangan balik yang cepat. Nah, saat menghadapi situasi seperti itu, penjaga gawang harus memiliki keberanian menentukan tindakan apa yang harus dilakukan.

2. Kecepatan Reaksi
Seorang penjaga gawang dituntut memiliki refleks cekatan saat menghalau serangan lawan. Kecepatan reaksi tidak secara spesifik menuntut seorang penjaga gawang melakukan pola penyelamatan lewat aksi  jumping seperti halnya penjaga gawang di sepak bola. Aksi jumping malah berpotensi menimbulkan cedera karena permukaan lapangan futsal keras.
3. Kekuatan
Kekuatan fisik amat dibutuhkan seorang penjaga gawang. Dalam permainan futsal, seorang kiper kerap dihadapkan pada situasi munculnya shoting-shoting keras ke arah gawang. Jika tidak memiliki kekuatan fisik yang oke, yang terjadi sang penjaga gawang rentan mengalami cedera atau gagal mengamankan gawangnya dari tendangan keras yang menghujam.

4. Konsentrasi
Pergerakan pemain futsal amat cepat yang tentu diiringi derasnya perputaran bola. Hanya dalam hitungan detik situasi bisa berubah. Area pertahanan bisa menjadi target tembak tim lawan. Penjaga gawang harus selalu berkonsentrasi membaca permainan untuk menghindari kemungkinan gawangnya dibobol lawan.

5. Kelenturan dan Keseimbangan

Kelenturan dan keseimbangan merupakan salah satu elemen penting yang dimiliki oleh seorang penjaga gawang. Terutama saat dirinya dihadapkan pada situasi-situasi mengejutkan diluar kendalinya. Misalnya sering munculnya tembakan-tembakan ke arah sudut sempit gawang yang tidak dengan mudah dihalau  kalau penjaga gawang tidak memiliki kelenturan yang baik.

6. Kepercayaan Diri
Seorang penjaga gawang dituntut memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Tingginya frekuensi berhadapan dengan lawan maupun berbenturan dengan bola membuat kemungkinan untuk menciptakan gol menjadi tinggi pula. Karena itu, tugas seorang penjaga gawang adalah bagaimana memperkecil kesempatan lawan membuat sebuah gol dengan teknik dan taktik yang benar yaitu dengan cara menangkap, blok, tendang bola, serta penempatan posisi yang prima.

TEKNIK DASAR BERMAIN FUTSAL

TEKNIK FUTSAL
FUTSAL
FUTSAL
TEKNIK DASAR
Dalam futsal ada beberapa elemen dasar yang harus dipahami ketika bermain futsal, secara umum, tidak berbeda jauh dengan bermain sepak bola konvensional. Namun ada beberapa yang perlu dilakukakan dengan keahlian khusus. Berikut teknik-teknik dasar dalam futsal yang mutlak harus di kuasai oleh setiap pemain futsal:
1. Kontrol Bola
Teknik mengontrol bola dalam permainan futsal dapat dilakukan dengan menggunakan kaki dalam, kaki luar dan telapak kaki sebelah depan memanfaatkan sol sepatu. Teknik mengontrol bola dengan sol dalam futsal sangat penting sehingga harus dikuasai oleh setiap pemain.
2. Passing/Pengumpan
Operan bisa dilakukan dengan menggunakan beragam sisi kaki. mau memakai kaki dalam, kaki luar, ujung kaki, tumit, atau sisi bawah tidak ada yang salah. Namun yang paling baik adalah menggunakan kaki dalam dengan arah mendatar. Pasalnya, operan ini memiliki akurasi paling baikdi banding yang lainnya. Termasuk umpan panjang yang menyusur lapangan. dan juga yang paling penting ketepatan mengoper bola pad kawan.
Bermain Futsal tidak jauh berbeda dengan bermain Sepakbola pada umumnya, butuh kekuatan stamina, mental dan strategi. Ada sedikit perbedaan mendasar dalam hal pola permainan dan pengaturan serangan.
Pola permainan dalam Futsal banyak didominasi permainan kaki ke kaki, maksudnya pengaturan dalam bertahan, maupun menyerang lebih banyak dilakukan
dengan umpan-umpan pendek, mengingat ukuran lapangan yang lebih kecil dibanding lapangan sepakbola. Dengan pola seperti ini skill dan kekompakan tim terutama dalam mengolah bola, mengumpan, menjaga pertahanan dan menyerang ke daerah lawan sangat diperlukan.
Didalam Futsal jarang sekali diterapkan umpan-umpan panjang, strategi ini hanya buang-buang energi, disamping itu juga tidak mencerminkan permainan yang baik dan enak dilihat . Namun demikian, bukannya hal tersebut dilarang atau tidak disarankan, tinggal kembali kepada individu sendiri, mau bagaimana memainkan permainan Futsal tersebut.
Jarangnya teknik-teknik tersebut diterapkan, hal ini lebih kepada bisa terciptanya pola permainan yang cantik, enak dilihat serta proses gol yang indah. Begitu juga dengan  heading bola, gol-gol yang tercipta dengan kepala bisa lebih terlihat bagus dan enak untuk dilihat, terlebih jika proses penyerangan tersebut dilakukan dengan pola penyerangan terstruktur.
Nah sekarang tinggal bagaimana kita membuat suatu pola dan strategi bermain yang bagus, untuk hal itu tentunya ada beberapa hal yang menjadi fokus utama dalam menciptakan pola permainan yang bagus.
1. Penguasaan terhadap bola.
Untuk melatih penguasaan bola tahap pertama adalah dengan memfokuskan pada kekuatan dan kelincahan dalam pergerakan kaki, sebagaimana saya jelaskan dalam artikel Tips warming up sebelum bermain futsal,  pemanasan sangat diperlukan, lakukan sesering mungkin dribling untuk menselaraskan pergerakan kaki dan arah bola, bisa dilakukan dengan variasi zig-zag.
2. Komposisi Pemain.
Untuk membentuk tim yang bagus, cermati skill tiap-tiap pemain dalam hal penguasaan bola, pengaturan serangan dan menyerang.Tempatkan pemain yang memiliki model pergerakan kaki yang rapat sebagai pemain bertahan, rapat di sini maksudnya model pergerakan kakinya yang tidak terlalu panjang, hal ini bisa lebih berguna untuk menghambat laju pergerakan bola lawan, dan sebaliknya tipe pemain dengan pergerakan panjang lebih bisa dimanfaatkan sebagai penyerang.
Untuk pemain tengah dibutuhkan sosok yang memiliki kemampuan mengatur serangan dan yang lebih diutamakan adalah kemampuan stamin yang paling prima, mengingat posisinya memungkinkan melakukan penyerangan dan bertahan
3. Teknik dan Pola Permainan.
Jumlah pemain Futsal bisa dilakukan 5 atau 6 orang termasuk penjaga gawang. Penempatan pemain yang pas menurut karakter dan gaya permainan masing-masing posisi akan lebih menyeimbangkan pola dalam bertahan maupun menyerang, adapun posisi yang bisa diterapkan sebagai berikut.
Jumlah pemain 5 orang :
1. Pola 1 – 2 – 2
FORMASI
FORMASI
Jumlah pemain 6 orang :
1. Pola 1-2-1-2
Untuk pola ini 1 orang penjaga gawang, 2 orang back kiri dan kanan, 1 gelandang dan 2 striker kiri dan kanan.
Pada saat bertahan posisi semua berada di daerah sendiri dengan pola:
FORMASI
FORMASI

Pengatur serangan yakni gelandang bisa mengumpan ke posisi dua penyerang dan bola bisa dimainkan diketiga posisi tersebut guna mencari celah untuk shooting bola ke gawang lawan.
Tugas back kiri/kanan selain menjaga pergerakan lawan, juga ada pembagian tugas ambil bola mati didaerah sendiri, jika bola mati ada di kanan maka back kanan yang mengambil bola, begitu juga sebaliknya, diusahakan jangan saling mengambil posisi,
tujuannya agar selalu fokus terhadap daerah/wilayahnya sendiri. Sementara tugas gelandang yakni mengatur serangan dan membantu pertahanan, makanya gelandang paling memiliki stamina dan skill yang lebih prima.
Rabu, 03 Agustus 2011

Teknik Passing ( bagian 2 )
Setelah pada posting sebelumnya sudah kami bahas tentang teknik passing ( mengumpan ) dengan kaki bagian dalam, kali ini akan dibahas tentang teknik passing dengan kaki bagian luar. 

Bagaimana anda sudah berlatih teknik passing yang sudah kami bahas sebelumnya? 

Kami sarankan Anda untuk berlatih dan terus berlatih. Mulailah latihan mengumpan ( passing ) dengan jarak pendek terlebih dahulu ( 2 - 3 meter ). Lakukan latihan bersama teman Anda ( berpasangan ). Dengan latihan passing jarak pendek maka pengulangan akan semakin banyak, sehingga gerakan akan semakin baik. Usahakan gerakannya benar dulu. Setelah sudah benar gerakannya dan merasa sudah stabil baru lakukan latihan dengan jarak yang lebih jauh ( 10 meter ). Jangan bosan untuk mengulang latihan passing setiap Anda berlatih. Karena passing merupakan teknik dasar yang paling banyak kita lakukan pada saat bermain futsal.

Dalam melakukan passing dengan menggunakan kaki bagian luar, harus diperhatikan hal-hal sebagai berikut :
teknik passing
  • Tempatkan kaki tumpu di samping bola, bukan kaki yang untuk mengumpan

  • Pada saat mengumpan selalu melihat bola

  • Gunakan kaki bagian luar untuk mengumpan
teknik passing
teknik passing
  • Ayun kaki dari arah belakang sekua-kuatnya ke arah depan

  • Angkat kedua tangan ke samping, untuk menjaga keseimbangan

  • Kunci atau kuatkan tumit pada saat sentuhan dengan bola agar lebih kuat


  • Pada saat sentuhan ( impact ) kaki bagian luar dari atas diarahkan ke tengah bola ( jantung ) dan di tekan ke bawah agar bola tidak melambung

  • Diteruskan dengan gerakan lanjutan ( follow throught ), di mana setelah sentuhan dengan bola dalam mengumpan ayunan kaki jangan dihentikan.



Demikian pembahasan tentang teknik futsal  yaitu tentang
teknik passing dengan menggunakan kaki bagian luar.

Semoga bermanfa'at dan selamat berlatih.
Futsal plays - set pieces - out A 
futsal set pieces
Petunjuk:
Pemain diposisikan seperti yang ditunjukkan pada gambar. Pemain nomor 3 berjalan ke arah pemain nomor 1 yang melewati bola kepadanya. Nomor Player 3 mengembalikan bola ke pemain nomor 1, berbalik dan berjalan ke arah tujuan. Player nomor 1 melewati bola atas pemain bek ke nomor 3. Pemain nomor 3 tembakan pada tujuan. Pemain nomor 2 dan 4 harus mengambil pembela mereka jauh dari tujuan untuk membuat ruang bagi pemain nomor 3, jika tidak ada ruang yang cukup. Ini bagian set dapat digunakan ketika tim membela diposisikan tinggi di lapangan atau ketika mereka bermain menekan.
Futsal plays - set pieces - out B 
futsal set pieces
Petunjuk:
Pemain diposisikan seperti yang ditunjukkan pada gambar di sebelah kiri (eksekusi sangat mirip dengan potongan set sebelumnya). Pemain nomor 3 berjalan ke arah pemain nomor 1 yang melewati bola kepadanya. Pemain nomor 3 mengembalikan bola ke pemain nomor 1 (kali ini ia tidak berjalan ke arah tujuan). Sementara jumlah pemain 2 berjalan pelan menuju tengah lapangan dan kemudian ia mengubah arah dan berjalan di depan gawang. Player nomor 1 melewati bola atas pembela ke nomor pemain 2 tembakan yang pada tujuan. Nomor Player 4 harus mengambil bek nya jauh dari tujuan untuk membuat ruang bagi pemain nomor 2, jika tidak ada ruang yang cukup. Ini bagian set dapat digunakan ketika tim membela diposisikan tinggi di lapangan atau ketika mereka bermain menekan.
Reaksi: 









Sabtu, 11 Februari 2012

sk kd smp











62. Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan untuk
Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs)

A. Latar Belakang
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan merupakan bagian integral dari
pendidikan secara keseluruhan, bertujuan untuk mengembangkan aspek
kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berfikir kritis, keterampilan
sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, aspek pola hidup sehat dan
pengenalan lingkungan bersih melalui aktivitas jasmani, olahraga dan kesehatan
terpilih yang direncanakan secara sistematis dalam rangka mencapai tujuan
pendidikan nasional.
Pendidikan sebagai suatu proses pembinaan manusia yang berlangsung seumur
hidup, pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan yang diajarkan di sekolah
memiliki peranan sangat penting, yaitu memberikan kesempatan kepada peserta
didik untuk terlibat langsung dalam berbagai pengalaman belajar melalui aktivitas
jasmani, olahraga dan kesehatan yang terpilih yang dilakukan secara sistematis.
Pembekalan pengalaman belajar itu diarahkan untuk membina pertumbuhan fisik
dan pengembangan psikis yang lebih baik, sekaligus membentuk pola hidup sehat
dan bugar sepanjang hayat.
Pendidikan memiliki sasaran pedagogis, oleh karena itu pendidikan kurang
lengkap tanpa adanya pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan, karena gerak
sebagai aktivitas jasmani adalah dasar bagi manusia untuk mengenal dunia dan
dirinya sendiri yang secara alami berkembang searah dengan perkembangan
zaman.
Selama ini telah terjadi kecenderungan dalam memberikan makna mutu
pendidikan yang hanya dikaitkan dengan aspek kemampuan kognitif. Pandangan
ini telah membawa akibat terabaikannya aspek-aspek moral, akhlak, budi pekerti,
seni, psikomotor, serta life skill. Dengan diterbitkannya Undang-undang Nomor
20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah
Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan akan memberikan
peluang untuk menyempurnakan kurikulum yang komprehensif dalam rangka
mencapai tujuan pendidikan nasional.
Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan merupakan media untuk mendorong
pertumbuhan fisik, perkembangan psikis, keterampilan motorik, pengetahuan dan
penalaran, penghayatan nilai-nilai (sikap-mental-emosional-sportivitas-spiritual-
sosial), serta pembiasaan pola hidup sehat yang bermuara untuk merangsang
pertumbuhan dan perkembangan kualitas fisik dan psikis yang seimbang.



















B. Tujuan
Mata pelajaran Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan bertujuan agar peserta didik
memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Mengembangkan keterampilan pengelolaan diri dalam upaya pengembangan
dan pemeliharaan kebugaran jasmani serta pola hidup sehat melalui berbagai
aktivitas jasmani dan olahraga yang terpilih
2. Meningkatkan pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik.
3. Meningkatkan kemampuan dan keterampilan gerak dasar
4. Meletakkan landasan karakter moral yang kuat melalui internalisasi nilai-nilai
yang terkandung di dalam pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan
5. Mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggungjawab, kerjasama,
percaya diri dan demokratis
6. Mengembangkan keterampilan untuk menjaga keselamatan diri sendiri, orang
lain dan lingkungan
7. Memahami konsep aktivitas jasmani dan olahraga di lingkungan yang bersih
sebagai informasi untuk mencapai pertumbuhan fisik yang sempurna, pola
hidup sehat dan kebugaran, terampil, serta memiliki sikap yang positif


C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Pendiidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
untuk jenjang SMP / MTs adalah sebagai berikut.
1. Permainan dan olahraga meliputi: olahraga tradisional, permainan. eksplorasi
gerak, keterampilan lokomotor non-lokomotor,dan manipulatif, atletik, kasti,
rounders, kippers, sepak bola, bola basket, bola voli, tenis meja, tenis lapangan,
bulu tangkis, dan beladiri, serta aktivitas lainnya
2. Aktivitas pengembangan meliputi: mekanika sikap tubuh, komponen
kebugaran jasmani, dan bentuk postur tubuh serta aktivitas lainnya
3. Aktivitas senam meliputi: ketangkasan sederhana, ketangkasan tanpa alat,
ketangkasan dengan alat, dan senam lantai, serta aktivitas lainnya
4. Aktivitas ritmik meliputi: gerak bebas, senam pagi, SKJ, dan senam aerobic
serta aktivitas lainnya
5. Aktivitas air meliputi: permainan di air, keselamatan air, keterampilan
bergerak di air, dan renang serta aktivitas lainnya
6. Pendidikan luar kelas, meliputi: piknik/karyawisata, pengenalan lingkungan,
berkemah, menjelajah, dan mendaki gunung
7. Kesehatan, meliputi penanaman budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-
hari, khususnya yang terkait dengan perawatan tubuh agar tetap sehat, merawat
lingkungan yang sehat, memilih makanan dan minuman yang sehat, mencegah
dan merawat cidera, mengatur waktu istirahat yang tepat dan berperan aktif
dalam kegiatan P3K dan UKS. Aspek kesehatan merupakan aspek tersendiri,
dan secara implisit masuk ke dalam semua aspek.














D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas VII, Semester 1
























































515
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1. Mempraktikkan berbagai teknik dasar
permainan dan olahraga, serta nilai-
nilai yang terkandung di dalamnya
1.1 Mempraktikkan variasi dan kombinasi
teknik dasar salah satu permainan dan
olahraga beregu bola besar lanjutan dengan
koordinasi yang baik, serta nilai kerjasama,
toleransi, percaya diri, keberanian,
menghargai lawan, bersedia berbagi tempat
dan peralatan**)
1.2 Mempraktikkan variasi dan kombinasi
teknik dasar salah satu permainan dan
olahraga beregu bola kecil lanjutan dengan
koordinasi yang baik , serta nilai kerjasama,
toleransi, percaya diri, keberanian,
menghargai lawan, bersedia berbagi tempat
dan peralatan **)
1.3 Mempraktikkan variasi dan kombinasi
teknik dasar atletik serta nilai toleransi,
percaya diri, keberanian, menjaga
keselamatan diri dan orang lain, bersedia
berbagi tempat dan peralatan. **)
1.4 Mempraktikkan variasi dan kombinasi
teknik dasar salah satu permainan olahraga
bela diri dengan koordinasi yang baik serta
nilai keberanian, kejujuran, menghormati
lawan dan percaya diri **)
2. Mempraktikkan latihan kebugaran
jasmani , dan nilai-nilai yang
terkandung didalamnya
2.1 Mempraktikkan jenis latihan kekuatan dan
daya tahan otot serta nilai disiplin dan
tanggung jawab
2.2 Mempraktikkan latihan daya tahan jantung
dan paru-paru , serta nilai disiplin dan
tanggung jawab

 











































































Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
3. Mempraktikkan senam dasar dengan
teknik dan nilai-nilai yang
terkandung didalamnya
3.1 Mempraktikkan senam dasar dengan bentuk
latihan keseimbangan bertumpu pada kaki ,
serta nilai disiplin, keberanian, dan
tanggung jawab
3.2 Mempraktikkan senam dasar dengan bentuk
latihan keseimbangan bertumpu selain kaki
serta  nilai  disiplin,  keberanian  dan
tanggung jawab
4 Mempraktikkan senam irama tanpa
alat , dan nilai-nilai yang terkandung
didalamnya
4.1 Mempraktikkan teknik dasar senam irama
tanpa alat, gerak langkah kaki mengikuti
irama , serta nilai disiplin, estetika, toleransi
dan keluwesan
4.2 Mempraktikkan teknik dasar senam irama
tanpa alat, gerak mengayun satu lengan
mengikuti irama , serta nilai kedisiplinan,
estetika, toleransi dan keluwesan
5. Mempraktikkan sebagian teknik
dasar renang gaya dada , dan nilai-
nilai yang terkandung didalamnya*)
5.1 Mempraktikkan teknik dasar gerakan kaki
renang gaya dada serta nilai disiplin,
keberanian dan kebersihan
5.2 Mempraktikkan teknik dasar gerakan
lengan renang gaya dada serta nilai disiplin,
keberanian dan kebersihan
5.3 Mempraktikkan teknik dasar gerakan kaki,
gerakan lengan, dan pernapasan gaya dada
serta nilai disiplin, keberanian dan
kebersihan
6. Mempraktikkan perkemahan dan
dasar-dasar penyelamatan di
lingkungan sekolah , dan nilai-nilai
yang terkandung didalamnya***)
6.1 Mempraktikkan pemilihan tempat yang
tepat untuk mendirikan tenda perkemahan,
mempraktikkan teknik dasar pemasangan
tenda untuk perkemahan di lingkungan
sekolah secara beregu , serta nilai
kerjasama, tanggung jawab dan tenggang
rasa

 



























Kelas VII, Semester 2














































Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
8. Mempraktikkan teknik dasar
permainan dan olahraga dan nilai-
nilai yang terkandung didalamnya
8.1 Mempraktikkan teknik dasar salah satu
nomor olahraga bola besar beregu lanjutan
serta nilai kerja sama, toleransi,
memecahkan masalah, menghargai teman
dan keberanian**)
8.2 Mempraktikkan teknik dasar salah satu
nomor olahraga bola kecil beregu dan
perorangan , serta nilai kerjasama,
kejujuran, dan menghormati lawan**)
8.3 Mempraktikkan teknik dasar perorangan
lanjutan atletik , serta nilai disiplin,
semangat, sportifitas, percaya diri dan
kejujuran**)
8.4 Mempraktikkan teknik dasar salah satu
permainan dan olahraga perorangan
beladiri lanjutan serta nilai kerjasama,
kejujuran, percaya diri dan menghormati
lawan**)
9. Mempraktikkan latihan kebugaran
jasmani dan nilai-nilai yang
terkandung didalamnya
9.1 Mempraktikkan jenis latihan untuk
kelentukan dan keseimbangan serta nilai
disiplin dan tanggung jawab
9.2 Mempraktikkan jenis latihan kecepatan
dan kelincahan serta nilai disiplin dan
tanggung jawab

 
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar

6.2 Mempraktikkan penyelamatan dan P3K
terhadap jenis luka ringan serta nilai kerja
sama, tanggung jawab dan tenggang rasa
7. Menerapkan budaya hidup sehat
7.1 Memahami pola makan sehat
7.2 Memahami perlunya keseimbangan gizi

 











































































Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
10. Mempraktikkan teknik dasar senam
lantai dan nilai-nilai yang terkandung
didalamnya
10.1 Mempraktikkan teknik dasar gerak guling
depan serta nilai kedisiplinan,
keberanian, tanggung jawab
10.2 Mempraktikkan teknik dasar guling
belakang serta nilai disiplin, keberanian
dan tanggung jawab
11. Mempraktikkan senam irama tanpa
alat dan nilai-nilai yang terkandung
didalamnya
11.1 Mempraktikkan teknik dasar senam
irama tanpa alat gerak mengayun dua
lengan mengikuti irama , serta nilai
disiplin, estetika toleransi dan keluwesan
11.2 Mempraktikkan teknik dasar senam
irama tanpa alat dengan melangkah dan
mengayun , serta nilai disiplin, estetika,
toleransi dan keluwesan
12. Mempraktikkan teknik dasar renang
gaya bebas , dan nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya*)
12.1 Mempraktikkan koordinasi gerakan kaki
dan lengan renang gaya bebas serta
nilai disiplin, keberanian dan kebersihan
12.2 Mempraktikkan koordinasi gerakan
lengan dan pernapasan renang gaya
bebas serta nilai disiplin, keberanian
dan kebersihan
12.3 Mempraktikkan koordinasi renang gaya
bebas serta nilai disiplin, keberanian
dan kebersihan
13. Menerapkan budaya hidup sehat
13.1 Memahami berbagai penyakit menular
seksual (PMS)
13.2 Memahami cara menghindari penyakit
menular seksual

 










Kelas VIII, Semester 1































































Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1. Mempraktikkan berbagai teknik dasar
permainan dan olahraga dan nilai-
nilai yang terkandung di dalamnya
1.1 Mempraktikkan teknik dasar salah satu
permainan dan olahraga beregu bola besar
lanjutan dengan koordinasi yang baik serta
nilai kerjasama, toleransi, percaya dini,
keberanian, menghargai lawan, bersedia
berbagi tempat dan peralatan**)
1.2 Mempraktikkan teknik dasar salah satu
permainan dan olahraga beregu bola kecil
lanjutan dengan koordinasi yang baik serta
nilai kerjasama, toleransi, percaya diri,
keberanian, menghargai lawan, bersedia
berbagi tempat dan peralatan**)
1.3 Mempraktikkan teknik dasar salah satu
permainan olahraga atletik lanjutan dengan
koordinasi yang baik serta nilai kerjasama,
toleransi, percaya diri, keberanian,
menghargai lawan, bersedia berbagi tempat
dan peralatan **)
1.4 Mempraktikkan teknik dasar salah salah satu
permainan olahraga bela diri lanjutan dengan
koordinasi yang baik serta nilai keberanian,
kejujuran, menghormati lawan dan percaya
diri **)
2. Mempraktikkan latihan kebugaran
dalam bentuk latihan sirkuit dan
nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya
2.1 Mempraktikkan latihan kekuatan dan daya
tahan anggota badan bagian atas dengan
sistem sirkuit serta nilai disiplin dan
tanggung jawab
2.2 Mempraktikkan latihan kekuatan dan daya
tahan anggauta badan bagian bawah dengan
sistem sirkuit serta nilai disiplin dan
tanggung jawab

 











































































Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
3. Mempraktikkan teknik dasar senam
lantai dan nilai-nilai yang terkandung
di dalamnya
3.1 Mempraktikkan teknik dasar senam lantai
meroda berdasarkan konsep yang serta nilai
kedisiplinan, keberanian dan tanggung jawab
3.2 Mempraktikkan teknik dasar senam lantai
guling lenting serta nilai kedisiplinan,
keberanian dan tanggung jawab
4. Mempraktikkan senam irama dengan
alat dan nilai-nilai yang terkandung
di dalamnya
4.1 Mempraktikkan teknik dasar senam irama
menggunakan tongkat atau simpai dengan
gerakan mengayun dan memutar ke berbagai
arah serta nilai disiplin, toleransi dan
estetika
4.2 Mempraktikkan kombinasi gerakan
mengayun/memutar ke berbagai arah dengan
gerak melangkah serta nilai
disiplin,toleransi, keluwesan gerak, dan
estetika
5. Mempraktikkan teknik dasar renang
gaya bebas dan nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya*)
5.1 Mempraktikkan teknik dasar gerakan kaki
renang gaya bebas serta nilai disiplin,
keberanian dan kebersihan
5.2 Mempraktikkan teknik dasar gerakan lengan
renang gaya bebas serta nilai disiplin,
keberanian dan kebersihan
5.3 Mempraktikkan teknik dasar pernapasan
renang gaya bebas serta nilai disiplin,
keberanian dan kebersihan
6. Menerapkan budaya hidup sehat
6.1 Mengenal bahaya seks bebas
6.2 Menolak budaya seks bebas

 










Kelas VIII, Semester 2































































Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
7. Mempraktikkan berbagai teknik dasar
permainan dan olahraga dan mlai-
nilai yang terkandung di dalamnya
7.1 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik
dasar salah satu permainan dan olahraga
beregu bola besar lanjutan dengan koordinasi
yang baik serta nilai kerjasama, toleransi,
percaya diri, keberanian, menghargai lawan,
bersedia berbagi tempat dan peralatan**)
7.2 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik
dasar salah satu permainan dan olahraga bola
kecil lanjutan dengan koordinasi yang baik
serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri,
keberanian, menghargai lawan, bersedia
berbagi tempat dan peralatan**)
7.3 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik
dasar lanjutan atletik dengan koordinasi yang
baik serta nilai percaya diri, keberanian,
menjaga keselamatan diri dan orang lain,
bersedia berbagi tempat dan peralatan**)
7.4 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik
dasar salah satu permainan olahraga bela diri
lanjutan dengan koordinasi yang baik serta
nilai keberanian, kejujuran, menghormati
lawan dan percaya diri**)
8. Mempraktikkan latihan kebugaran
dalam bentuk latihan sirkuit dan
nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya
8.1 Mempraktikkan latihan kecepatan dan
kelincahan anggota badan bagian atas serta
nilai disiplin dan tanggung jawab
8.2 Mempraktikkan latihan kecepatan dan
kelincahan anggota badan bagian bawah
serta nilai disiplin dan tanggung jawab
9. Mempraktikkan teknik dasar senam
lantai dan nilai-nilai yang terkandung
di dalamnya
9.1 Mempraktikkan rangkaian teknik dasar gerak
meroda dan guling depan serta nilai disiplin,
keberanian dan tanggung jawab

 











































































Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar

9.2 Mempraktikkan rangkaian teknik dasar
guling depan dan guling lenting serta nilai
disiplin, keberanian dan tanggung jawab.
10. Mempraktikkan senam irama
dengan alat dan nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya
10.1 Mempraktikkan variasi gerakan mengayun
ke berbagai arah serta nilai disiplin, toleransi
dan keluwesan gerak
10.2 Mempraktikkan variasi gerakan memutar ke
berbagai arah serta nilai disiplin, toleransi
dan keluwesan
11. Mempraktikkan teknik dasar renang
gaya dada dan nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya*)
11.1 Mempraktikkan koordinasi teknik dasar
meluncur lanjutan, gerakan kaki dan lengan
renang gaya dada dalam jarak tertentu serta
nilai disiplin, keberanian dan kebersihan
11.2 Mempraktikkan koordinasi teknik dasar
pernapasan renang gaya dada serta nilai
disiplin, keberanian dan kebersihan
12. Mempraktikkan penjelajahan di
sekitar sekolah dan nilai-nilai yang
terkandung didalamnya***)
12.1 Mendiskripsikan perencanaan kegiatan
penjelajahan secara sederhana
12.2 Mempraktikkan keterampilan penjelajahan
di sekitar sekolah serta nilai kerjasama,
toleransi, tolong menolong, etika,
memperhatikan keselamatan dan kebersihan
lingkungan
13. Menerapkan budaya hidup sehat
13.1 Memahami berbagai penyakit menular yang
bersumber dari lingkungan tidak sehat
13.2 Memahami cara menghindari penyakit
menular yang bersumber dari lingkungan
tidak sehat

 










Kelas IX, Semester 1































































Standar Kompetensi
Kompetensi dasar
1. Mempraktikkan berbagai teknik dasar
ke dalam permainan dan olahraga
serta nilai-nilai yang terkandung
didalamnya
1.1 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik
dasar salah satu permainan dan olahraga
beregu bola besar lanjutan dengan konsisten
serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri,
keberanian, menghargai lawan dan bersedia
berbagi tempat dan peralatan**)
1.2 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik
dasar salah satu permainan dan olahraga
beregu bola kecil lanjutan dengan konsisten
serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri,
keberanian, menghargai lawan, bersedia
berbagi tempat dan peralatan**)
1.3 Mempraktikkan teknik dasar atletik lanjutan
serta nilai toleransi, percaya diri, keberanian,
menjaga keselamatan diri dan orang lain,
bersedia berbagi tempat dan peralatan**)
1.4 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik
dasar salah satu permainan olahraga bela diri
lanjutan dengan konsisten serta nilai
keberanian, kejujuran, menghormati lawan
dan percaya diri **)
2. Mempraktikkan jenis latihan beban
dengan alat sederhana untuk
meningkatkan kebugaran dan nilai-
nilai yang terkandung di dalamnya
2.1 Mengidentifikasi jenis-jenis latihan yang
sesuai dengan kebutuhan
2.2 Mempraktikkan latihan kekuatan, kecepatan,
daya tahan dan kelentukan untuk kebugaran
jasmani sesuai dengan kebutuhan dengan
menggunakan alat sederhana serta nilai
semangat, tanggung jawab, disiplin, dan
percaya diri
3. Mempraktikkan rangkaian gerak
senam lantai dengan gerakan yang
benar dan nilai-nilai yang terkandung
di dalamnya
3.1 Mempraktikkan rangkaian senam lantai tanpa
alat serta nilai percaya diri, kerja sama,
disiplin, keberanian, dan keselamatan

 











































































Standar Kompetensi
Kompetensi dasar

3.2 Mempraktikkan beberapa rangkaian senam
lantai , serta nilai keberanian, kedisiplinan,
keluwesan dan estetika
4. Mempraktikkan rangkaian gerak
teknik senam irama tanpa dan dengan
alat serta nilai-nilai yang terkandung
di dalamnya
4.1 Mempraktikkan rangkaian aktivitas ritmik
tanpa alat dengan koordinasi gerak yang baik
serta nilai disiplin, toleransi, keluwesan dan
estetika
4.2 Mempraktikkan rangkaian aktivitas ritmik
berirama menggunakan alat dengan
koordinasi gerak serta nilai disiplin,
toleransi, keluwesan, dan estetika
5. Mempraktikkan teknik dasar renang
gaya punggung dan nilai- nilai yang
terkandung di dalamnya*)
5.1 Mempraktikkan teknik dasar gerakan kaki
renang gaya punggung serta nilai disiplin,
keberanian dan kebersihan
5.2 Mempraktikkan teknik dasar gerakan lengan
renang gaya punggung serta nilai disiplin,
keberanian dan kebersihan
5.3 Mempraktikkan teknik dasar pernapasan
renang gaya punggung serta nilai disiplin,
keberanian dan kebersihan
6. Mempraktikkan dasar-dasar
penjelajahan di alam bebas dan nilai-
nilai yang terkandung
didalamnya***)
6.1 Mempraktikkan rencana kegiatan
penjelajahan
6.2 Mempraktikkan berbagai keterampilan untuk
memecahkan masalah yang ditemukan dalam
aktivitas penjelajahan di alam bebas serta
nilai kerjasama, disiplin, keselamatan,
kebersihan, dan etika
7. Menerapkan budaya hidup sehat
7.1 Memahami berbagai bahaya kebakaran
7.2 Memahami cara menghindari bahaya
kebakaran

 









Kelas IX, Semester 2
































































Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
8. Mengembangkan berbagai teknik
dasar ke dalam permainan dan
olahraga serta nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya
8.1 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik
dasar salah satu permainan dan olahraga
beregu bola besar lanjutan dengan tepat dan
lancar serta nilai kerjasama, toleransi,
percaya diri, keberanian, menghargai lawan,
bersedia berbagi tempat dan peralatan**)
8.2 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik
dasar salah satu permainan dan olahraga
beregu bola kecil lanjutan dengan tepat dan
lancar serta nilai kerjasama, toleransi,
percaya diri, keberanian, menghargai lawan,
berbagi tempat dan peralatan**)
8.3 Mempraktikkan teknik dasar atletik lanjutan
serta nilai toleransi, percaya diri, keberanian,
keselamatan, berbagi tempat dan
peralatan**)
8.4 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik
dasar salah satu permainan olahraga bela diri
lanjutan dengan tepat dan lancar serta nilai
keberanian, kejujuran, menghormati lawan
dan percaya diri**)
9. Mempraktikkan tes kebugaran
jasmani secara sederhana
9.1 Mempraktikkan tes kesegaran jasmani secara
sederhana
9.2 Menginterpretasi secara sederhana hasil tes
dalam menentukan derajat kebugaran
10. Mempraktikkan rangkaian gerak
senam dan nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya
10.1 Mempraktikkan rangkaian senam lantai
tanpa alat serta nilai percaya diri, kerja
sama, tanggung jawab, menghargai teman

 











































































Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar

10.2 Mempraktikkan rangkaian senam lantai
dengan alat serta nilai percaya diri dan
disiplin
11. Mempraktikkan senam irama dan
nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya
11.1 Mempraktikkan kombinasi gerak berirama
tanpa alat dengan koordinasi yang benar
serta nilai disiplin, toleransi, keluwesan dan
estetika
11.2 Mempraktikkan gerak rangkaian senam
irama menggunakan alat dengan koordinasi
serta nilai kedisiplinan, toleransi, keluwesan,
dan estetika
12. Mempraktikkan kecakapan teknik
dasar gaya renang dan nilaii- nilai
yang terkandung di dalamnya*)
12.1 Mempraktikkan koordinasi teknik dasar
meluncur, gerakan kaki dan lengan, renang
gaya bebas dalam jarak tertentu serta nilai
disiplin, keberanian dan kebersihan
12.2 Mempraktikkan koordinasi teknik dasar
meluncur, gerakan kaki, lengan dan
pernapasan, renang gaya bebas dalam jarak
tertentu serta nilai disiplin, keberanian dan
kebersihan
13. Mempraktikkan keterampilan dasar
penjelajahan, dan penyelamatan
aktivitas di alam bebas dan nilai-nilai
yang terkandung di dalamnya***)
13.1 Mempraktikkan perencanaan dasar-dasar
kegiatan menjelajah alam bebas serta nilai
kerjasama, toleransi, tolong menolong,
pengambilan keputusan dalam kelompok.
13.2 Mempraktikkan keterampilan dasar
penyelamatan penjelajahan di alam bebas
serta nilai kerjasama, toleransi, tolong
menolong, keputusan dalam kelompok
14. Menerapkan budaya hidup sehat
14.1 Memahami berbagai bahaya bencana alam
14.2 Memahami cara menghadapi berbagai
bencana alam

 









Keterangan

1.







2.

*) Diajarkan sebagai kegiatan pilihan, disesuaikan dengan situasi dan kondisi
sekolah
**) Materi pilihan, disesuaikan dengan fasilitas dan peralatan yang tersedia
***) Diajarkan sebagai kegiatan yang dapat dilakukan dalam semester 1 dan
atau semester 2
Untuk pembinaan peserta didik ynag berminat terhadap salah satu atau

beberapa cabang tertentu dapat dilakukan melalui kegiatan ekstra kurikuler


E. Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk
mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian
kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan
penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.




















































 
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN ( SKL )

STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR


MATA PELAJARAN
PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN
( PENJAS-ORKES )
_Pic20






          SMP NEGERI 3 KOKAP  KULON PROGO
Alamat : Kalirejo, Kokap, Kulon Progo, 55653,
Telp. 0828 926 00544