Jumat, 09 Maret 2012

kisi-kisi


 KISI-KISI SOAL UJIAN

Sekolah            : SMK MA’ARIF 1 WATES                                                                                               Jumlah soal        :
Alokasi waktu    :                                                                                                                                   Kurikulum          : KTSP
Mata Pelajaran   : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan                                                                 Penulis              : SAPTA ARIS SUPRIYANTA, S. Pd
No
Komp. Dasar/ Indikator
Bahan
Kelas,
 Semester
Materi
Indikator Soal
Bentuk Tes
 ( tertulis/
praktik)
No.
 Soal
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
1.


Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar  serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri**)

·    Menggiring bola dengan punggung kaki bagian luar dengan teknik yang benar
·    Menendang bola menggunakan punggung kaki dengan teknik yang benar
·    Melakukan servis bawah dengan teknik yang baik
·    Melakukan pasising bawah dengan teknik yang benar
·      Melakukan keterampilan Lay-up kanan
·     
·    Melakukan teknik menggiring bola menggunakan tangan kanan dan kiri









X , 1
1. Mempraktekkan keterampilan permainan dan olahraga dengan menggunakan peraturan
a. Sepakbola
    1). Drible zig-zag  10 m
    2). Tendangan pinalthi ( 11 m)  5 kali
b.  Bolavoli
    1). Servis  bawah (pi), atas (pa) 5 kali
    2). Passing bawah per menit
    3). Smesh normal  3 kali
c.   Bolabasket
     1).  Basket permenit
     2).   Dogging run








a.  Sepakbola
         1). Siswa  dapat melakukan drible zig-zag 10 m

     2). Siswa dapat melakukan tendangan pinalthi

b.   Bolavoli
  
  1). Siswa  dapat melakukan servis bawah /atas

  2). Siswa dapat melakukan Passing bawah

c.  Basket

    1). Siswa  dapat melakukan basket per menit

    2). Siswa dapat melakukan dogging run



Praktik



1.3 Mempraktikkan keterampilan atletik dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi  serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri**)
> Melakukan teknik berlari

Mempraktikkan keterampilan teknik salah satu nomor atletik dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi  serta nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras dan percaya diri **)


·    Melakukan teknik nomor tolak peluru gaya menyamping










X, 1

XI, 1
d.  Atletik
     1). Lari  100 m
     2).  Tolak peluru

d. Atletik
   
        1). Siswa  dapat melakukan lari 100m

        2).  Siswa  dapat melakukan tolak peluru




3.1 Mempraktikkan keterampilan rangkaian  senam ketangkasan dengan menggunakan alat  serta nilai percaya diri, kerjasama, tanggungjawab, menghargai teman

·       Memperagakan senam lantai tanpa alat berguling ke belakang (back extention) atau stut
·       Melakukan rangkaian senam lantai berguling ke depan dilanjutkan lenting tengkuk diatas peti lompat
·       Melakukan rangkaian senam lantai  tanpa menggunakan alat
·          Melakukan guling, hand-spring, neck-spring, head-spring



XI, 1
2. Mempraktekkan rangkaian senam lantai dan irama serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
a.       Senam Lantai
       1).  Rool depan dan belakang
       2).  Lenting  tengkuk diatas peti
       3).  Gerakan berangkai ( Meroda,
              , loncat harimau, rool depan,
              Rool belakang )








a.1) Siswa dapat melakukan rool depan / belakang

a.2). Siswa dapat melakukan lenting tengkuk di atas
         peli lompat
a. 3)  Siswa dapat melakukan gerakan senam
           berangkai  ( Meroda, loncat harimau, rool  depan,  Rool belakang )



3.1 Mempraktikkan tes untuk  kelincahan, power dan daya tahan dalam kebugaran jasmani  serta nilai tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri
·   Menerapkan konsep dasar tes dan pengukuran kebugaran jasmani



XI, 1
3. Mempraktekkan pengembangan mekanik sikap tubuh, kebugaran jasnani serta aktivitas lainnya
a.             Tes kesegaran Jasmani  SMA                       
b.             Tes Aerobic Cooper  ( Lari 12 menit)





a.        Siswa dapat melakukan tes KESEGARAN JASMANI SMA

b.       Siswa dapat melakukan  tes aerobik cooper




4.1  Mempraktikkan keterampilan  aktivitas ritmik tanpa alat  dengan koordinasi gerak lanjutan  serta nilai kedisiplinan, konsentrasi dan keluwesan dan estetika

·          Merangkai gerakan senam aerobik secara berkelompok


XI, 1
4. Mempraktekkan gerak ritmik yang meliputi senam pagi, senam aerobik, dan aktivitas lainnya
a.  Senam aerobik/ SKJ






a. Siswa dapat melakukan senam aerobik/ SKJ / senam sehat Indonesia/senam irama



5.1     Mempraktikkan keterampilan teknik dasar salah satu gaya renang   serta nilai disiplin, keberanian, tanggung jawab, dan kerja keras
> Melakukan renang gaya bebas

5.2     Mempraktikkan keterampilan teknik  dasar loncat indah dari samping kolam dengan teknik  serta nilai disiplin, keberanian, tanggung jawab, dan kerja keras

> Melakukan loncat indah



5. Mempraktekkan kegiatan dalam air seperti renang, permainan di air dan keselamatan di air
a.       Renang gaya bebas  25 m
b.       Loncat Indah 





a. Siswa dapat melakukan renang gaya bebas

b. Siswa dapat melakukan teknik sikap setengah salto






6. Mempraktekkan kegiatan-kegiatn di luar kelas seperti melakukan perkemahan, penjelajahan alam sekitar, mendaki gunung, dan lain-lain
a.  Perkemahan








a. Siswa pernah melakukan/mengikuti perkemahan






7.1   Menganalisis bahaya penyalahgunaan Narkoba
·      Mengklasifikasikan jenis-jenis Narkoba yang sering disalahgunakan
·      Mengidentifikasikan perilaku yang mudah terpengaruh untuk melakukan tindakan penyalahgunaan Narkoba

7.2   Memahami berbagai peraturan perundangan tentang Narkoba
·          Mengkategorisasikan peraturan perundangan tentang Narkoba
14.1      Menganalisis dampak seks bebas
·    Mengidentifikasikan penyakit  yang sering ditimbulkan akibat perilaku seks bebas
    Mengklasifikasikan perilaku seks bebas
·    Mengkategorisasikan faktor-faktor penyebab seks bebas
14.2      Memahami cara menghindari seks bebas
·    Mengidentifikasikan perilaku yang dapat menghindari seks bebas dari sudut pandang pribadi
·    Mengidentifikasikan perilaku yang dapat menghindari seks bebas dari sudut pandang keluarga  
·    Mengidentifikasikan perilaku yang dapat menghindari seks bebas dari sudut pandang masyarakat.












X,1








X,2











7. Memahami budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari seperti perawatan tubuh serta lingkungan yang sehat, mengenal berbagai penyakit dan cara mencegahnya serta menghindari narkoba dan HIV

a. Narkoba/NAZA (Narkotika, Alkohol dan Zat-zat Adaptif)



b. Menganalisa dampak seks bebas yang  menimbulkan penyakit karma hubungan kelamin (PHS), dan cara menghindari seks bebas.



1.  Siswa dapat mengklasifikasikan jenis-jenis Narkoba yang sering disalahgunakan
2.  Siswa dapat mengidentifikasikan perilaku yang mudah terpengaruh untuk melakukan tindakan penyalahgunaan Narkoba
3.  Siswa dapat Mengkategorisasikan peraturan perundangan tentang Narkoba









 


4.  Siswa dapat mengidentifikasikan penyakit  yang sering ditimbulkan akibat perilaku seks bebas
5.  Siswa dapat mengklasifikasikan perilaku seks bebas
6.  Siswa dapat mengkategorisasikan faktor-faktor penyebab seks bebas
7.  Siswa dapat mengidentifikasikan perilaku yang dapat menghindari seks bebas dari sudut pandang pribadi
8.  Siswa dapat mengidentifikasikan perilaku yang dapat menghindari seks bebas dari sudut pandang keluarga 
9.  Siswa dapat mengidentifikasikan perilaku yang dapat menghindari seks bebas dari sudut pandang masyarakat.



















6.1  Memahami bahaya HIV/AIDS
·    Mendefinisikan pengertian HIV/AIDS
·    Mengidentifikasikan bahaya yang diakibatkan oleh penularan virus HIV/AIDS

6.2     Memahami cara penularan HIV/AIDS
·    Mengklasifikasikan faktor-faktor penyebab penularan HIV/AIDS
·    Menjelaskan cara penularan HIV/AIDS

6.3     Memahami cara menghindari penularan HIV/AIDS
·      Mengidentifikasikan cara menghindari penularan HIV/AIDS



XI, 1

c. AIDS / HIV


10      Siswa dapat mendefinisikan pengertian HIV/AIDS
11      Siswa dapat mengidentifikasikan bahaya yang diakibatkan    oleh penularan virus HIV/AIDS
12      Siswa dapat mengklasifikasikan faktor-faktor penyebab penularan HIV/AIDS
13      Siswa dapat  menjelaskan cara penularan HIV/AIDS
14      Siswa dapat mengidentifikasikan cara menghindari penularan HIV/AIDS





13.1     Memahami cara pemanfaatan waktu luang untuk kesehatan
·    Mendefinisikan pengertian pemanfaatan waktu luang untuk  kesehatan
·    Mengklasifikasikan jenis kegiatan pemanfaatan waktu luang untuk kesehatan

13.2  Menerapkan pola hidup sehat
·   Menyusun daftar kegiatan rutin selama 24 jam berdasarkan pola hidup sehat
·   Melakukan evaluasi mandiri terhadap rencana kegiatan rutin selama 24 jam berdasarkan pola hidup sehat.
·   Mengenakan pakaian dalam kondisi bersih dan rapih
·   Mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi dan sehat


XI, 2

d. Pola Hidup Sehat

15      Siswa dapat mendefinisikan pengertian pemanfaatan waktu luang untuk  kesehatan
16      Siswa dapat mengklasifikasikan jenis kegiatan pemanfaatan waktu luang untuk kesehatan






17      Siswa dapat menyusun daftar kegiatan rutin selama 24 jam berdasarkan pola hidup sehat
18      Siswa dapat melakukan evaluasi mandiri terhadap rencana kegiatan rutin selama 24 jam berdasarkan pola hidup sehat.
19      Siswa dapat mengenakan pakaian dalam kondisi bersih dan rapih
20      Siswa dapat mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi dan sehat





12.1   Mempraktikkan pola hidup sehat
·          Mengkonsumsi makan dan minum sesuai dengan kebutuhan
·          Mengatur waktu istirahat yang secukupnya



XII,1

Sanitasi lingkungan sehat yang sederhana


21      Siswa dapat mengkonsumsi makan dan minum sesuai dengan kebutuhan
22      Siswa dapat mengatur waktu istirahat yang secukupnya