Kamis, 15 Maret 2012
Jumat, 09 Maret 2012
kisi-kisi
KISI-KISI SOAL UJIAN
Sekolah : SMK MA’ARIF 1
WATES Jumlah soal :
Alokasi waktu : Kurikulum : KTSP
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Penulis : SAPTA ARIS SUPRIYANTA, S. Pd
No
|
Komp. Dasar/ Indikator
|
Bahan
Kelas,
Semester
|
Materi
|
Indikator Soal
|
Bentuk Tes
( tertulis/
praktik)
|
No.
Soal
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
1.
|
Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan
dan olahraga beregu bola besar serta
nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri**)
·
Menggiring bola dengan punggung kaki
bagian luar dengan teknik yang benar
·
Menendang bola menggunakan punggung
kaki dengan teknik yang benar
·
Melakukan servis bawah dengan teknik
yang baik
·
Melakukan pasising bawah dengan
teknik yang benar
·
Melakukan keterampilan Lay-up kanan
·
·
Melakukan teknik menggiring bola
menggunakan tangan kanan dan kiri
|
X , 1
|
1. Mempraktekkan
keterampilan permainan dan olahraga dengan menggunakan peraturan
a. Sepakbola
1). Drible zig-zag 10 m
2). Tendangan pinalthi ( 11 m) 5 kali
b. Bolavoli
1). Servis bawah (pi), atas (pa) 5 kali
2). Passing bawah per menit
3). Smesh normal 3 kali
c. Bolabasket
1).
Basket permenit
2).
Dogging run
|
a.
Sepakbola
1).
Siswa dapat melakukan drible zig-zag
10 m
2). Siswa
dapat melakukan tendangan pinalthi
b.
Bolavoli
1). Siswa dapat melakukan servis bawah /atas
2). Siswa dapat melakukan Passing
bawah
c.
Basket
1).
Siswa dapat melakukan basket per menit
2). Siswa
dapat melakukan dogging run
|
Praktik
|
|
|
1.3 Mempraktikkan keterampilan atletik dengan menggunakan peraturan yang
dimodifikasi serta
nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri**)
> Melakukan teknik berlari
Mempraktikkan keterampilan teknik salah satu nomor atletik dengan
menggunakan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran,
kerja keras dan percaya diri **)
· Melakukan
teknik nomor tolak peluru gaya menyamping
|
X, 1
XI, 1
|
d. Atletik
1). Lari
100 m
2).
Tolak peluru
|
d. Atletik
1).
Siswa dapat melakukan lari 100m
2).
Siswa dapat melakukan tolak
peluru
|
|
|
|
3.1 Mempraktikkan keterampilan rangkaian
senam ketangkasan dengan menggunakan alat serta nilai percaya diri, kerjasama,
tanggungjawab, menghargai teman
·
Memperagakan senam lantai tanpa alat
berguling ke belakang (back extention) atau stut
·
Melakukan rangkaian senam lantai
berguling ke depan dilanjutkan lenting tengkuk diatas peti lompat
·
Melakukan rangkaian senam lantai tanpa menggunakan alat
·
Melakukan guling, hand-spring,
neck-spring, head-spring
|
XI, 1
|
2. Mempraktekkan
rangkaian senam lantai dan irama serta nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya
a.
Senam Lantai
1). Rool depan dan belakang
2).
Lenting tengkuk diatas peti
3).
Gerakan berangkai ( Meroda,
, loncat harimau, rool depan,
Rool belakang )
|
a.1) Siswa dapat melakukan rool depan / belakang
a.2). Siswa dapat melakukan lenting tengkuk di atas
peli
lompat
a.
3) Siswa dapat melakukan gerakan senam
berangkai ( Meroda, loncat
harimau, rool depan, Rool belakang )
|
|
|
|
3.1 Mempraktikkan
tes untuk kelincahan, power dan daya
tahan dalam kebugaran jasmani serta
nilai tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri
· Menerapkan
konsep dasar tes dan pengukuran kebugaran jasmani
|
XI, 1
|
3. Mempraktekkan
pengembangan mekanik sikap tubuh, kebugaran jasnani serta aktivitas lainnya
a.
Tes kesegaran Jasmani SMA
b.
Tes Aerobic Cooper ( Lari 12 menit)
|
a.
Siswa dapat melakukan tes KESEGARAN
JASMANI SMA
b.
Siswa dapat melakukan tes aerobik cooper
|
|
|
|
4.1 Mempraktikkan keterampilan aktivitas ritmik tanpa alat dengan koordinasi gerak lanjutan serta nilai kedisiplinan, konsentrasi
dan keluwesan dan estetika
·
Merangkai gerakan senam aerobik
secara berkelompok
|
XI, 1
|
4. Mempraktekkan
gerak ritmik yang meliputi senam pagi, senam aerobik, dan aktivitas lainnya
a. Senam aerobik/ SKJ
|
a.
Siswa dapat melakukan senam aerobik/ SKJ /
senam sehat Indonesia/senam irama
|
|
|
|
5.1 Mempraktikkan
keterampilan teknik dasar salah satu gaya renang serta nilai disiplin, keberanian, tanggung
jawab, dan kerja keras
> Melakukan renang gaya
bebas
5.2 Mempraktikkan
keterampilan teknik dasar loncat indah
dari samping kolam dengan teknik serta
nilai disiplin, keberanian, tanggung jawab, dan kerja keras
>
Melakukan loncat indah
|
|
5. Mempraktekkan
kegiatan dalam air seperti renang, permainan di air dan keselamatan di air
a.
Renang gaya bebas 25 m
b.
Loncat Indah
|
a. Siswa dapat melakukan renang gaya bebas
b. Siswa dapat melakukan teknik sikap setengah salto
|
|
|
|
|
|
6. Mempraktekkan
kegiatan-kegiatn di luar kelas seperti melakukan perkemahan, penjelajahan
alam sekitar, mendaki gunung, dan lain-lain
a. Perkemahan
|
a. Siswa pernah melakukan/mengikuti perkemahan
|
|
|
|
7.1 Menganalisis bahaya penyalahgunaan Narkoba
·
Mengklasifikasikan
jenis-jenis Narkoba yang sering disalahgunakan
·
Mengidentifikasikan
perilaku yang mudah terpengaruh untuk melakukan tindakan penyalahgunaan
Narkoba
7.2 Memahami berbagai peraturan
perundangan tentang Narkoba
·
Mengkategorisasikan peraturan
perundangan tentang Narkoba
14.1 Menganalisis dampak seks bebas
·
Mengidentifikasikan penyakit yang sering ditimbulkan akibat perilaku
seks bebas
Mengklasifikasikan perilaku seks
bebas
·
Mengkategorisasikan faktor-faktor
penyebab seks bebas
14.2 Memahami cara menghindari seks bebas
·
Mengidentifikasikan perilaku yang
dapat menghindari seks bebas dari sudut pandang pribadi
·
Mengidentifikasikan perilaku yang
dapat menghindari seks bebas dari sudut pandang keluarga
·
Mengidentifikasikan perilaku yang
dapat menghindari seks bebas dari sudut pandang masyarakat.
|
X,1
X,2
|
7. Memahami
budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari seperti perawatan tubuh serta
lingkungan yang sehat, mengenal berbagai penyakit dan cara mencegahnya serta
menghindari narkoba dan HIV
a. Narkoba/NAZA (Narkotika, Alkohol dan Zat-zat Adaptif)
b. Menganalisa dampak seks
bebas yang menimbulkan penyakit karma
hubungan kelamin (PHS), dan cara menghindari seks bebas.
|
1. Siswa
dapat mengklasifikasikan jenis-jenis Narkoba yang sering
disalahgunakan
2. Siswa
dapat mengidentifikasikan perilaku yang mudah terpengaruh
untuk melakukan tindakan penyalahgunaan Narkoba
3.
Siswa dapat Mengkategorisasikan
peraturan perundangan tentang Narkoba
4. Siswa
dapat mengidentifikasikan penyakit yang sering ditimbulkan akibat perilaku
seks bebas
5. Siswa
dapat mengklasifikasikan perilaku seks bebas
6. Siswa
dapat mengkategorisasikan faktor-faktor
penyebab seks bebas
7. Siswa
dapat mengidentifikasikan perilaku yang dapat menghindari
seks bebas dari sudut pandang pribadi
8. Siswa
dapat mengidentifikasikan perilaku yang dapat menghindari
seks bebas dari sudut pandang keluarga
9. Siswa
dapat mengidentifikasikan perilaku yang dapat menghindari
seks bebas dari sudut pandang masyarakat.
|
|
|
|
6.1 Memahami bahaya HIV/AIDS
·
Mendefinisikan pengertian HIV/AIDS
·
Mengidentifikasikan bahaya yang
diakibatkan oleh penularan virus HIV/AIDS
6.2 Memahami cara penularan HIV/AIDS
·
Mengklasifikasikan faktor-faktor
penyebab penularan HIV/AIDS
·
Menjelaskan cara penularan HIV/AIDS
6.3 Memahami cara menghindari penularan HIV/AIDS
· Mengidentifikasikan
cara menghindari penularan HIV/AIDS
|
XI, 1
|
c. AIDS / HIV
|
10
Siswa dapat mendefinisikan
pengertian HIV/AIDS
11
Siswa dapat mengidentifikasikan
bahaya yang diakibatkan oleh
penularan virus HIV/AIDS
12
Siswa dapat mengklasifikasikan
faktor-faktor penyebab penularan HIV/AIDS
13
Siswa dapat menjelaskan cara penularan HIV/AIDS
14 Siswa
dapat mengidentifikasikan cara menghindari penularan HIV/AIDS
|
|
|
|
13.1 Memahami cara pemanfaatan waktu luang untuk kesehatan
· Mendefinisikan
pengertian pemanfaatan waktu luang untuk
kesehatan
· Mengklasifikasikan
jenis kegiatan pemanfaatan waktu luang untuk kesehatan
13.2 Menerapkan
pola hidup sehat
·
Menyusun daftar kegiatan rutin selama
24 jam berdasarkan pola hidup sehat
·
Melakukan evaluasi mandiri terhadap
rencana kegiatan rutin selama 24 jam berdasarkan pola hidup sehat.
·
Mengenakan pakaian dalam kondisi
bersih dan rapih
·
Mengkonsumsi makanan dan minuman yang
bergizi dan sehat
|
XI, 2
|
d. Pola Hidup Sehat
|
15
Siswa dapat mendefinisikan
pengertian pemanfaatan waktu luang untuk
kesehatan
16
Siswa dapat mengklasifikasikan
jenis kegiatan pemanfaatan waktu luang untuk kesehatan
17
Siswa dapat menyusun
daftar kegiatan rutin selama 24 jam berdasarkan pola hidup sehat
18
Siswa dapat melakukan
evaluasi mandiri terhadap rencana kegiatan rutin selama 24 jam berdasarkan
pola hidup sehat.
19
Siswa dapat mengenakan
pakaian dalam kondisi bersih dan rapih
20
Siswa dapat mengkonsumsi
makanan dan minuman yang bergizi dan sehat
|
|
|
|
12.1 Mempraktikkan pola hidup sehat
·
Mengkonsumsi makan dan minum sesuai
dengan kebutuhan
·
Mengatur waktu istirahat yang secukupnya
|
XII,1
|
Sanitasi lingkungan sehat yang sederhana
|
21
Siswa dapat mengkonsumsi
makan dan minum sesuai dengan kebutuhan
22
Siswa dapat mengatur
waktu istirahat yang secukupnya
|
|
|
Langganan:
Postingan (Atom)