NASKAH SOAL
Jenis Sekolah : SMP NEGERI 3 KOKAP
Mata Pelajaran : Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan
Kurikulum : KTSP
Alokasi Waktu :
Jumlah soal : 10
Bentuk tes :
Praktik
Penyusun Soal : SAPTA ARIS
SUPRIYANTA, S.Pd
1.Mempraktekkan keterampilan
permainan dan olahraga dengan menggunakan peraturan
a.
Sepakbola
1).
Mengiring zig-zag
a).
Petunjuk Pelaksanaan :
Ø
Teste melakukan menggiring bola melalui rintangan 11
pancang, dengan cara zig-zag, dimulai
dari garis start dan perakhir pada garis finish, Waktu tempuh dicatat, teste
mendapat kesempatan melakukan satu kali, bagi yang mendapat gangguan karena
ksalahan sendiri maka bola harus dimulai dari dimana dia melakukan kesalahan.
Ø
Testor mengawasi dan
mencatat waktu waktu tempuh yang dicapai
teste.
b). Gambar dan Lapangan .
`
c).
Petugas :
2
orang : 1 orang mengawasi pelaksanaan, 1 orang
mencatat hasil
d). Perlengkapan :
1).
Pangcang,
2).
Bola Sepak
3). Stopwacht
4).
Peluit
5).
Blangko
Penilaian dan alat tulis.
e). Petugas :
2 orang : 1 orang timer, 1 orang
pengawas dan pencatat
hasil tempuh
f). Penilaian :
Waktu
tempuh makin pendek nilai makin tinggi
(
Tabel penilaian terlampir)
a. Sepakbola
2). Tendangan pinalti :
a). Petunjuk Pelaksanaan :
Teste melakukan tendangan pinalti 5 kali berturut-turut,
bidang sasaran adalah lobang gawang sepak bola yang dibagi atas tiga bagian,
dua bagian yang terdekat dengan tiang gawang dengan scor 3, sedang satu bagian
diantara dua bagian yang terdekat dengan tiang gawang scor 2. apabila mengenai
pembatas bagian scor yang digunakan scor yang besar. Tendangan tidak boleh menyusur
tanah. Akumulasi dari scor lima kai
tendangan merupakan scor teste.
Testor mengamati dan mencatat hasil yang diperoleh
teste,
b).
Gambar dan lapangan
c). Petugas :
2 Orang :
1 orang mengawasi pelaksanaan dan
menghitung, 1 0rang mencatat hasil .
d) Perlengkapan :
a). Lapangan sepakbola/
atau area yang luasnya
memenuhi untuk pelaksnaan tembakan
pinalti.
b). Bola sepakbola
c).
Blangko penilaian dan alat tulis.
e).
Penilaian :
Makin besar akumulasi scor nilai
makin tinggi.
(Tabel
penilaian terlampir)
b. Bola Volly
a. Servis atas (pa), Servis bawah (pi)
1). Petunjuk pelaksanaan :
a)
Teste melakukan servis atas(pa) / servis bawah (pi) dari
daerah servis dengan arah sasaran yang telah ditentukan, scor perolehan adalah
jatuhnya pada bidang sasaran dari pelaksanaan servis, teste diberi kesempatan melakukan servis lima
(5) kali berturut-turut, masuk bidang sasaran 1 scor 2, masuk bidang sasaran 2
scor 3, Bila tidak masuk bidang sasaran scor
0. Akumulasi lima kali kesempatan adalah hasil perolehan scor teste.
Apabila bola jatuh pada gari bidang sasaran maka teste mendapat scor yang
teringgi.
b)
Testor Mengamati pelaksanaan dan mencatat hasil perolehan
dari pelaksanaan yang servis yang syah.
2). Gambar dan lapangan
3). Petugas :
2
orang : 1 orang mengawasi pelaksanaan, 1 orang
mencatat hasil
4) Perlengkapan :
a).
Lapangan Bolavolly
b). Net Bolavolly
c). Bolavolly
d). Kapur
e).
Blangko penilaian dan alat tulis
5).
Penilaian :
Makin
besar scor akumulai makin tinggi nilainya.
( Tabel penilaian
terlampir )
b. Passing bawah per menit : Repetet
volly ball test
1). Petunjuk pelaksanaan :
a)
Teste melakukan passing bawah berulangkali selama satu
menit, hasil pantulan dari bidang pantul (kedua tangan) yang melebihi
ketinggian net dihitung satu (1) dan seterusnya, kaki salah satu atau keduanya
tetap pada daerah lingkaran, bila kedua kaki keluar dari lingkaran maka passing
tidak syah. Banyaknya pantulan yang syah yang dihitung.
b)
Testor mengamati
pelaksanaan dan mencatat hasil perolehan dari pelaksanaan yang passing bawah
yang syah.
2). Gambar dan lapangan
3). Petugas :
2
orang : 1 orang mengawasi pelaksanaan, 1 orang
mencatat hasil
4) Perlengkapan :
a).
Lapangan Bolavolly
b). Net Bolavolly
c). Bolavolly
d). Kapur
e).
Blangko penilaian dan alat tulis
5).
Penilaian :
Makin
besar scor akumulai makin tinggi nilainya.
(
Tabel penilaian terlampir )
c. Bola Basket :
a. Memasukan
bola dari bawah ring selama 1 menit
1). Petunjuk Pelaksanaan
:
a). Teste
Melakukan menembak/memasukan bola dari
bawah
ring basket secara terus menerus dengan diberi
kesempatan waktu selama satu menit, bola yang masuk pada ring basket dihitung.
b). Testor mencatat hasil yang diperoleh peserta
dalam
memasukkan bola ke ring basket selam satu menit.
2). Gambar dan Lapangan :
d. Petugas :
2 Orang : 1 orang timer sekalugus pencatat hasil, 1 orang
mengitung bola yang masuk.
e. Perlengkapan :
a). Lapangan basket
b).
Bola Basket
c). Peluit
d).
Stpwacht
E)
Blangko Penilaian dan Alat tulis
f. Penilaian :
Makin bayak
perolehan hasil memasukan bola ke ring basket
makin
tinggi nilainya. (tabel penilaian terlampir)
|
d. ATLETIK
1. Lari Pendek 100 m :
a. Petunjuk Pelaksanaan :
1)
Teste melakukan lari pada lintasan yang telah ditentukan
dimulai dengan menggunakan start jongkok, dimulai dengan aba-aba ”
Bersedia...Siap.....Yaaak!”teste lari pada lintasan sepanjang 100 m,
2)
Testor mencatat waktu tempuh sepanjang 100 m tersebut.
b. Gambar Lapangan :
|
|
X
|
|
|
X
|
|
|
X
|
|
|
X
|
|
|
X : Teste
|
c. Petugas :
3 Orang ( starter 1
orang, Timer 1 Orang, Pencatat 1 orang )
d. Perlengkapan :
1). Lintasan lari
sepanjang 100 m
2). Stopwacht
3). Bendera start
4). Peluit
5). Alat tulis dan blangko
hasil
e. Penilaian :
Waktu twmpuh makin pendek
nilai makin besar
( Tabel penilaian terlampir )
2. Tolak
Peluru :
a. Petunjuk Pelaksanaan :
1)
Teste melakukan
tolakan tiga kali (tidak berturut-turut), menggunakan teknik/gaya sesuai
pilihan teste, hasil tolakkan yang syah dicatat.
2)
Testor mengawasi dan mencatat hasil tolakan, hasil
tolakan yang syah dicatat.
b. Gambar
& Lapangan :
c. Petugas :
3 orang : 1
orang pencatat, 2 orang
pengukur/pengewas
d. Perlengkapan :
1). Lapangan tolak peluru
2). Meter line
3). Peluru
4). Blangko pencatat
hasil, alat tulis
e. Penilaian :
Makin jauh hasil tolakan,
makin besar nilainya ( Tabel ”terlampir”)
2.Mempraktekkan rangkaian senam lantai dan irama
serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
1. SENAM
LANTAI :
a.
Rol Depan
1). Petunjuk Pelaksanaan
: Roll Depan
a)
Teste melakukan rol depan
berangkai sebanyak 2 x, setiap peserta diberi kesempatan 2x tidak terus
menerus,
b)
Testor mengamati gerakan yang dilakukan oleh peserta,
memberi scor sesuai kreteria yang telah ditentukan.
2). Gambar dan Lapangan
b. Rol Belakang
1). Petunjuk Pelaksanaan
: Roll Belakang
c)
Teste melakukan rol depan
berangkai sebanyak 2 x, setiap peserta diberi kesempatan 2x tidak terus
menerus,
d)
Testor mengamati gerakan yang dilakukan oleh peserta,
memberi scor sesuai kreteria yang telah ditentukan.
2). Gambar dan Lapangan
3) Petugas ;
1 orang
atau lebih Testor menncatat hasil pengamatan sesuai
dengan
tabel kretria penilaian
4). Perlengkapan
Matras,
Blangko pencatat hasil dan alat tulis
5).
Penilaian :
Scor tertinggi dari dua kali kesempatan
yang dipakai, apabila
testor
lebih dari satu dirata-rata dari hasil scor paling tinggi
masing-masing testor
(tabel Penilaian terlampir)
3. Mempraktekkan pengembangan mekanik sikap tubuh, kebugaran jasnani
serta aktivitas lainnya ( pilih
salah satu )
1. Tes
Lari 12 menit
Oleh : KENNETH COOPER Ph.D
Reliabilitas = 0,897
- Tujuan : untuk mengukur tingkat kesegaran jasmani seseorang
- Syarat mengikuti tes : Sehat, Harus sungguh-sungguh lari selama 12 menit atau menempuh jarak 2400 m untuk putra, 2000 m untuk putri
- Untuk anak dan orang dewasa
- Sarana prasarana yang dibutuhkan
1). Lintasan lari dengan jarak 2400 m/1,5 mil darat untuk putra
2). Lintasan lari dengan
jarak 2000 m/1,25 mil darat untuk putri
3). Stopwacht
4). Alat tulis
5). Tabel perhitungan
- Pelaksanaan :
Teste larei selama 12 menit,
berapa jarak yang berhasil ditempuh.
Catat!
- Analisa hasil
” Kasar ”
Katagori Umur
13 - 19 Tahun:
Putra Putri
Baik Jarak tempuh > 2400 m > 2000 m
Sedang Jarak tempuh =
2400 m = 2000 m
Jelek jarak tempuh <
2400 m < 2000 m
” Halus”
KLASIFIKASI KESEGARAN JASMANI
( Tes Aerobic : Kenneth H. Cooper ; Lari 2400 m/ pa, 2000 m/ pi)
NO
|
Katagori
Kesegaran
|
Putra / Usia
(thn)
|
Putri / Usia
(thn)
|
||
13 – 19
|
20 - 29
|
13 - 19
|
20 – 29
|
||
1
|
Baik sekali
,Terlatih
|
< 08’37”
|
<09’45”
|
<11’50
|
< 12’30”
|
2
|
Baik Sekali
|
08’37”
-09’40”
|
09’45”-10’45”
|
11’50” -
12’29
|
13’30 – 13’30”
|
3
|
Baik
|
09’41”-10’48”
|
10’46”-12’00”
|
12’30” –
14’30’
|
13’31 –
15’54”
|
4
|
Sedang
|
10’49”-12’10”
|
12’01”-14’00”
|
14’31” –
16’54”
|
15’55” –
18’30”
|
5
|
Kurang
|
12’11”-1530”
|
14’01-16’00”
|
16’55” –
18’30”
|
18’31” –
19’00”
|
6
|
Sangat Kurang
|
>15’31
|
>16’01”
|
>18’31”
|
> 19’01”
|
3.
Rangkaian Tes Kesegaran Remaja AAHPER
Pada tahun 1958,Tes Kesegaran
Remaja disajikan oleh Paul Hunsicker untuk digunakan secara nasional sehubungan
dengan pendapat Komite Nasional Kesegaran Jasmani untuk membina dan
meningkatkan kesegaran jasmani remaja.Setelah mengalami penelaahan selama
beberapa tahun dengan pengumpulan data secara nasional,pada tahun 1965 norma
nasional telah diperbaharui dan diedarkan tata pelaksanaannya.Faktor yang
diukur serta alat ukurnya (tesnya) adalah sebagai berikut:
- kekuatan dan ketahanan lengan dan bahu : pull-ups (lelaki) gantung-tekuk (perempuan)
- kekuatan dan ketahanan togok : sit-ups
- kecepatan dan mengubah arah : lari bolak-balik
- kekuatan eksplosif : lompat jauh tanpa awalan
- kekuatan eksplosif dan kecepatan : lari cepat 50 yard (45,73 m)
- ketahanan kardiorespiratori : lari 600 yard, lari 9 atau 12 menit, lari 1 atau 1,5 mil
Tes Kesegaran Jasmani Remaja
AAHPER ini mudah dilaksanakan dan peralatannya sedikit dan tidak mahal.
Sebaiknya rangkaian tes diselenggarakan dalam dua hari: pada hari
pertama:angkat badan atau gantung tekuk, baring-duduk, dan lari bolak-balik dan
pada hari kedua: lompat jauh tanpa awalan, lari cepat 50 yard, lari 600 yard,
atau 9 menit, 12 menit atau lari 1 mil, atau 1,5 mil. Tes lari 9 menit atau 1
mil untuk murid umur 13 tahun ke atas. Yang perlu ditonjolkan disini adalah
bahwa murid umur berumur 9 tahun sudah mulai dites, sehingga kalau ternyata
hasilnya kurang, sejak 9 tahun guru telah wajib membina dan meningkatkan
kesegaran jasmani murid.
4.
Tes Kesegaran Jasmani
Indonesia
Tes Kesegaran Jasmani Indonesia
untuk umur 6-19 tahun disusun oleh Pusat Kesegaran Jasmani dan Rekreasi
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia berdasarkan dan
merupakan penyempurnaan : Tes Kesegaran Jasmani Nasional (1985), Tes Kesegaran
Jasmani Piagam Presiden (1986). PADA TAHUN KERJA 1990/1991 Tes Kesegaran
Jasmani Indonesia untuk umur 6-19 tahun disempurnakan menjadi Tes Kesegaran
Jasmani Indonesian bagi anak dan remaja umur 6-19 tahun. Rangkaian
a.
Remaja umur 16-19 tahun
1)
Lari cepat,60 meter
2)
Gantung siku tekuk (untuk puteri) gantung angkat tubuh 60
detik (untuk putera)
3)
Baring duduk 60 detik
4)
Loncat tegak
5)
Lari jarak 1000 meter (untuk puteri) 1200 meter (untuk
putera)
Nampaknya kita belum berani
memberi beban yang cukup berat untuk mengungkap ketahanan kardiorespiratori
para remaja (bandingkan dengan tesnya AAHPER). Pelaksanaan tas dan norma
penilaian akan dilampirkan.Yang perlu ditekankan adalah guru pendidikan jasmani
wajib memperkenalkan butir-butir tes tresebut kepada murid-muridnya,dan kalau
mungkin secara berkala menyelenggarakan tes tersebut.
5.
Tes Kesamaptaan Jasmani
ABRI
Untuk mempersiapkan murid memasuki dinas
militersetelah lulus sekolah,maka sebaiknya kepada murid di sekolah
diperkenalkan pada rangkaian tes yang digunakan oleh ABRI untuk men-seleksi
calon-calonnya.Tes Kesamaptaan Jasmani ABRI merupakan suatu battery (rangkaian)
tes yang terdiri dari :
- battery tes ke satu atau tes Samapta A yaitu Tes Lari 12 menit (Tes Aerobik-nya Cooper)
- battery tes ke dua atau Tes Samapta B yang terdiri dari :
1) pull-ups :maksimal satu menit
2) squat-jumps : maksimal satu menit
3) push-ups : maksimal satu menit
4) sit-ups : maksimal satu menit
5)
shuttle-run : jarak 6 x 10 meter
Kegunaan butir-butir tes diatas adalah :
1)
tes kari 12 menit : untuk mengukur daya tahan/ketahanan
kardiorespiratori
maupun ketahanan muskuler
2)
pull-ups : untuk mengukur kekuatan dan ketahana otot
lengan
3)
squat-jumps : untuk mengukur kekuatan dan ketahanan
otot kaki, serta
keseimbangan dan koordinasi
4)
push-ups : untuk mengukur kekuatan dan ketahanan
otot lengan
5)
sit-ups : untuk mengukur kekuatan dan ketahanan oto
perut
6)
shuttle-run : untuk mengukur kelincahan,koordinasi,
kecepatan,
ketepatan
dan cara mengubah arah.
2. Senam Aerobik
a. Petunjuk Pelaksanaan :
1)
Teste secara beregu maksimal 6 orang melakukan senam
aerobik sesuai dengan kreasi regu, dengan waktu antara 10 – 15 menit
2)
Testor menilai dan mencatat hasil penilaiaannya sesuai tabel
penilaian
b. Gambar lapangan :
c. Petugas :
1
atau lebih menilai penampilan peserta
d. Perlengkapan :
a). Area Senam ruang / lapangan terbuka
b). Stopwach
c). Peluit
d). Meja / kursi testor
e). Blangko Penilaian dan alat tulis
e. Penilaian
a). Penampilan dan semangat
b). Keseuaian urutan gerak
c). Kesesuaian irama
d). Kekompakan
(tabel penilaian terlampir)
PEDOMAN
PENILAIAN DAN TABEL RENTANG SKOR
PERMAINAN :
1. Sepakbola
a.
Tendangan Pinalti
No
|
Hasil Akumulasi Scor
|
Nilai
|
Keterangan
|
|
Putra
|
Putri
|
|||
1
|
14 – 15
|
14 – 15
|
9
|
|
2
|
13 – 12
|
13 – 12
|
8
|
|
3
|
10 – 11
|
10 – 11
|
7
|
|
4
|
8 – 9
|
8 – 9
|
6
|
|
5
|
6 – 7
|
6 – 7
|
5
|
|
6
|
4 – 5
|
4 – 5
|
4
|
|
b.
Menggiring zig-zag
No
|
Hasil Waktu tempuh (detik)
|
Nilai
|
Keterangan
|
|
Putra
|
Putri
|
|||
1
|
<= 15.00
|
21.00 – 25.00
|
9
|
|
2
|
16.00 – 20.00
|
26.00 – 30.00
|
8
|
|
3
|
21.00 – 25.00
|
31.00 – 35.00
|
7
|
|
4
|
26.00 – 30.00
|
36.00 – 40.00
|
6
|
|
5
|
31.00 – 35.00
|
41.00 – 45.00
|
5
|
|
6
|
> 35.00
|
> 45.00
|
4
|
|
2. Bolavoli
a.
Servis Bawah (pi) / Servis Atas (pa)
No
|
Hasil Akumulasi Scor
|
Nilai
|
Keterangan
|
|
Putra
|
Putri
|
|||
1
|
14 – 15
|
14 – 15
|
9
|
|
2
|
13 – 12
|
13 – 12
|
8
|
|
3
|
10 – 11
|
10 – 11
|
7
|
|
4
|
8 – 9
|
8 – 9
|
6
|
|
5
|
6 – 7
|
6 – 7
|
5
|
|
6
|
4 – 5
|
4 – 5
|
4
|
|
b. Repetet Voli ball tes ( Voli ball tes per
menit )
No
|
Hasil Voli ( syah)
|
Nilai
|
Keterangan
|
|
Putra
|
Putri
|
|||
1
|
>=50
|
>= 40
|
9
|
|
2
|
40 – 49
|
30 – 39
|
8
|
|
3
|
30 – 39
|
20 – 29
|
7
|
|
4
|
20 – 29
|
10 – 19
|
6
|
|
5
|
10 – 19
|
< 10
|
5
|
|
6
|
< 10
|
|
4
|
|
3. Bola Basket
a.
Basket permenit
No
|
Hasil Tembakan (masuk syah)
|
Nilai
|
Keterangan
|
|
Putra
|
Putri
|
|||
1
|
>=50
|
>= 40
|
9
|
|
2
|
40 – 49
|
30 – 39
|
8
|
|
3
|
30 – 39
|
20 – 29
|
7
|
|
4
|
20 – 29
|
10 – 19
|
6
|
|
5
|
10 – 19
|
< 10
|
5
|
|
6
|
< 10
|
|
4
|
|
B.
ATLETIK
1.
Lari pendek 100 m
No
|
Waktu Tempuh ( detik )
|
Nilai
|
Keterangan
|
|
Putra
|
Putri
|
|||
1
|
< =
14.00
|
< = 20.00
|
9
|
|
2
|
14.01 – 19.00
|
20.01 – 25.00
|
8
|
|
3
|
19.01 – 24.00
|
25.01 – 30.00
|
7
|
|
4
|
24.01 – 29.00
|
30.01 – 35.00
|
6
|
|
5
|
29.01 – 34.00
|
35.01 – 40.00
|
5
|
|
6
|
34.01 keatas
|
40.01 keatas
|
4
|
|
2. Tolak Peluru
No
|
Hasil tolakan
(meter )
|
Nilai
|
Keterangan
|
|
Putra
|
Putri
|
|||
1
|
>= 7.00
|
>= 5.00
|
9
|
|
2
|
6.00 – 6.99
|
4.00 – 4.99
|
8
|
|
3
|
5.00 – 5.99
|
3.00 – 3.99
|
7
|
|
4
|
4.00 – 4.99
|
2.00 – 2.99
|
6
|
|
5
|
3.00 – 3.99
|
1.00 – 1.99
|
5
|
|
6
|
< 3.00
|
< 1.00
|
4
|
|
C.
SENAM
1.
Senam lantai :
a.
Rool depan
Nilai
|
Discrition
|
Keterangan
|
9
|
1. Sikap awal kedua kaki lurus,
2. membongkok bertumpu dengan kedua tangan,
3. pandangan ke perut,
4. saat menggulung tengkuk terlebih dahulu dengan
menekuk lengan posisi kaki
tetap lurus, dan
5. merubah sikap kaki dilipat saat menggulung,
6. diakhiri dengan sikap jongkok
|
|
8
|
1,2,3, Baik
4. saat menggulung kaki dilipat
5,6 baik
|
|
7
|
1,2,3,4 baik
5. kaki tetap lurus
6. sikap akhir duduk terlunjur
|
|
6
|
Asal menggulung
|
|
5
|
Berani melakukan jatuhan kesamping
|
|
b. Rool
Belakang
Nilai
|
Discrition
|
Keterangan
|
9
|
1. Sikap awal kedua kaki lurus membelakangi arah
jatuhan,
2. membongkok bertumpu dengan kedua tangan,
3. pandangan ke perut,
4. saat menggulung pantat terlebih dahulu dengan
posisi kaki lurus, dan
5. mengangkat kedua kaki posisi tangan di samping
telinga, setelah kaki melebihi
garis lurus kepala
tangan mendorong keatas,
6. diakhiri dengan sikap tangan bertumpu dan kaki
tertumpu, dilanjutkan sikap
berdiri.
|
|
8
|
1,2,3, Baik
4. saat menjatuhkan pantat kaki
dilipat
5,6 baik
|
|
7
|
1,2,3,4 baik
5. kaki kaki dilipat
6. sikap akhir duduk
|
|
6
|
Asal menggulung
|
|
5
|
Berani melakukan jatuhan kesamping
|
|
D. Senam Aerobik
No.
|
Discription
|
Nilai item
|
Perolehan Nilai
|
Keterangan
|
1
|
Penampilan/ semangat
a. Mantap, Penuh semangat
|
8
|
|
|
b. Semangat
|
7
|
|||
c. Cukup semangat
|
6
|
|||
d. Tidak semangat
|
5
|
|||
2
|
Kesesuaian gerakan Prinsif olahraga
b.
Sesuai
|
8
|
|
|
c.
Agak sesuai
|
6 – 7
|
|||
d.
Tidak sesuai
|
5
|
|||
3
|
Kesesuaian Irama musik
a.
Sesuai
|
8
|
|
|
b.
Agak sesuai
|
6 – 7
|
|||
c. Tidak sesuai
|
5
|
|||
4
|
Kekompakan gerak
|
8
|
|
|
|
6 – 7
|
|||
|
5
|
|||
Jumlah Scor
|
|
|
Catatan
:
Karena penilaian ini sangat subyektif, maka persepsi diserahkan kepada testor. Pengalaman dan kemampuan testor akan
meningkatkan derajat obyektifitas.
PEDOMAN PENILAIAN
HASIL
REKAPITULASI NILAI MASING-MASING
NOMOR UJIAN
NO
|
NAMA
PESERTA
|
Nilai akhir
|
||||||||||||||
Atletik
|
Senam
|
Permainan
|
Or Pil
|
J
Nil
|
Nil
Ak
|
|||||||||||
Lri
|
Lj
Tp
|
Rd
|
Rb
|
Ae
|
Bb
|
BV
|
SpBl
|
T Meja
|
||||||||
|
|
Sv
|
Ps
|
Tp
|
Db
|
Sv
|
Pkl
|
|
|
|||||||
1
|
|
9
|
9
|
9
|
9
|
9
|
8
|
9
|
9
|
9
|
9
|
9
|
9
|
9
|
116
|
8,92
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Nilai Maksimal pada Nilai Akhir
adalah :
Jumlah Nilai akhir masing-masing Nomor
Nilai Akhir ( NA ) =
-----------------------------------------------------------
Jumlah Item Ujian ( 13 Item )
9 + 9 + 9 + 9 + 9 +8 + 9 + 9 + 9 + 9 + 9 + 9 + 9 116
Nilai Akhir Masimal =
--------------------------------------------------------------- =
------
13 13
= 8,92
Selamat menggunakan
Semoga dapat membantu
Perubahan rentang scor/nilai
dipersilahkan
Sesuai dengan kondisi
setempat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar