Jumat, 09 Maret 2012

ujiaN Praktik


NASKAH SOAL

Jenis Sekolah  :  SMP NEGERI 3 KOKAP                               
Mata Pelajaran :  Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan
Kurikulum        :  KTSP
Alokasi Waktu  : 
Jumlah soal     :  10
Bentuk tes        :  Praktik
Penyusun Soal :  SAPTA ARIS SUPRIYANTA, S.Pd
1.Mempraktekkan keterampilan permainan dan olahraga dengan menggunakan peraturan
a. Sepakbola
            1). Mengiring zig-zag
                a).  Petunjuk   Pelaksanaan : 
Ø      Teste melakukan menggiring bola melalui rintangan 11 pancang, dengan cara zig-zag,  dimulai dari garis start dan perakhir pada garis finish, Waktu tempuh dicatat, teste mendapat kesempatan melakukan satu kali, bagi yang mendapat gangguan karena ksalahan sendiri maka bola harus dimulai dari dimana dia melakukan kesalahan.
Ø      Text Box:  Testor mengawasi dan mencatat  waktu waktu tempuh yang dicapai teste.


Text Box:
 
Text Box:  

      b). Gambar dan Lapangan .


 




`


 


Text Box: 1 m 


 



                             
     c). Petugas :
                  2 orang : 1 orang mengawasi pelaksanaan, 1 orang  mencatat hasil
           d). Perlengkapan :
                                          1). Pangcang,
                                          2). Bola Sepak
                                          3). Stopwacht
                                          4). Peluit
                                          5). Blangko Penilaian dan alat tulis.
                 e). Petugas :
2 orang : 1 orang timer, 1 orang pengawas dan pencatat
hasil tempuh
f). Penilaian :
                  Waktu tempuh makin pendek nilai makin tinggi
                                          ( Tabel penilaian terlampir)
a. Sepakbola
      2). Tendangan pinalti :
          a). Petunjuk Pelaksanaan :
*            Teste melakukan tendangan pinalti 5 kali berturut-turut, bidang sasaran adalah lobang gawang sepak bola yang dibagi atas tiga bagian, dua bagian yang terdekat dengan tiang gawang dengan scor 3, sedang satu bagian diantara dua bagian yang terdekat dengan tiang gawang scor 2. apabila mengenai pembatas bagian scor yang digunakan scor yang besar. Tendangan tidak boleh menyusur tanah.  Akumulasi dari scor lima kai tendangan merupakan scor teste.
*            Testor mengamati dan mencatat hasil yang diperoleh teste, 

    b). Gambar dan lapangan




 




















     

                  c). Petugas :
                      2 Orang :  1 orang mengawasi pelaksanaan dan
 menghitung, 1 0rang mencatat hasil .
                  d) Perlengkapan :
                              a). Lapangan sepakbola/ atau area yang luasnya
     memenuhi untuk pelaksnaan tembakan pinalti.
                              b). Bola sepakbola
                              c). Blangko penilaian dan alat tulis.
                              e). Penilaian :
Makin besar akumulasi scor nilai makin tinggi.
 (Tabel   penilaian terlampir)



                                   
b. Bola Volly
a. Servis atas (pa), Servis bawah (pi)
1). Petunjuk pelaksanaan :
a)     Teste melakukan servis atas(pa) / servis bawah (pi) dari daerah servis dengan arah sasaran yang telah ditentukan, scor perolehan adalah jatuhnya pada bidang sasaran dari pelaksanaan servis,  teste diberi kesempatan melakukan servis lima (5) kali berturut-turut, masuk bidang sasaran 1 scor 2, masuk bidang sasaran 2 scor 3, Bila tidak masuk bidang sasaran scor  0. Akumulasi lima kali kesempatan adalah hasil perolehan scor teste. Apabila bola jatuh pada gari bidang sasaran maka teste mendapat scor yang teringgi.
b)     Testor Mengamati pelaksanaan dan mencatat hasil perolehan dari pelaksanaan yang servis yang syah.

2). Gambar dan lapangan
 



















                             

3). Petugas :
                                          2 orang : 1 orang mengawasi pelaksanaan, 1 orang
      mencatat hasil
                              4) Perlengkapan :
                                          a). Lapangan Bolavolly
                                          b).  Net Bolavolly
                                          c).  Bolavolly
                                          d). Kapur
                                          e). Blangko  penilaian dan alat tulis
                              5). Penilaian :
                                          Makin besar scor akumulai makin tinggi nilainya.
                                          ( Tabel penilaian terlampir )


b. Passing bawah per menit : Repetet volly ball test
            1). Petunjuk pelaksanaan :
a)     Teste melakukan passing bawah berulangkali selama satu menit, hasil pantulan dari bidang pantul (kedua tangan) yang melebihi ketinggian net dihitung satu (1) dan seterusnya, kaki salah satu atau keduanya tetap pada daerah lingkaran, bila kedua kaki keluar dari lingkaran maka passing tidak syah. Banyaknya pantulan yang syah yang dihitung.
b)     Rounded Rectangular Callout: Area test pass bawahTestor mengamati pelaksanaan dan mencatat hasil perolehan dari pelaksanaan yang passing bawah yang syah.

2). Gambar dan lapangan

 
















                              3). Petugas :
                                          2 orang : 1 orang mengawasi pelaksanaan, 1 orang
      mencatat hasil

                              4) Perlengkapan :
                                          a). Lapangan Bolavolly
                                          b).  Net Bolavolly
                                          c).  Bolavolly
                                          d). Kapur
                                          e). Blangko  penilaian dan alat tulis

                              5). Penilaian :
                                          Makin besar scor akumulai makin tinggi nilainya.
                                          ( Tabel penilaian terlampir )







c. Bola Basket : 
a. Memasukan bola dari bawah ring selama 1 menit
                        1). Petunjuk Pelaksanaan :
a). Teste Melakukan  menembak/memasukan bola dari bawah
 ring basket secara terus menerus dengan diberi kesempatan waktu selama satu menit, bola yang masuk pada ring basket  dihitung.    
      b). Testor mencatat hasil yang diperoleh peserta dalam
 memasukkan bola ke ring basket selam satu menit.
2). Gambar dan Lapangan :
 




























d.  Petugas :
            2 Orang : 1 orang timer sekalugus pencatat hasil, 1 orang
 mengitung bola yang masuk.
 e. Perlengkapan :
            a). Lapangan basket
            b). Bola Basket
            c).  Peluit
            d). Stpwacht
            E) Blangko Penilaian dan Alat tulis
f. Penilaian :
   Makin bayak perolehan hasil memasukan bola ke ring basket
   makin tinggi nilainya. (tabel penilaian terlampir)












 
 



d. ATLETIK                                                                    
1.  Lari Pendek 100 m :

     a. Petunjuk Pelaksanaan  :
1)     Teste melakukan lari pada lintasan yang telah ditentukan dimulai dengan menggunakan start jongkok, dimulai dengan aba-aba ” Bersedia...Siap.....Yaaak!”teste lari pada lintasan sepanjang 100 m,
2)     Testor mencatat waktu tempuh sepanjang 100 m tersebut.
                       
     b. Gambar Lapangan :
Text Box:                                                                                                  
START

 
FINISH
 
    
X

X

X

X

X :  Teste








100 m,
 
 



     c. Petugas :
            3 Orang ( starter 1 orang,  Timer 1 Orang, Pencatat 1 orang )

     d. Perlengkapan :
            1). Lintasan lari sepanjang 100 m
            2). Stopwacht
            3). Bendera start
            4). Peluit
            5). Alat tulis dan blangko hasil

     e. Penilaian         :
            Waktu twmpuh makin pendek nilai makin besar
            ( Tabel penilaian terlampir )





2.  Tolak Peluru :
     a. Petunjuk Pelaksanaan  :
1)     Teste  melakukan tolakan tiga kali (tidak berturut-turut), menggunakan teknik/gaya sesuai pilihan teste, hasil tolakkan yang syah dicatat.
2)     Testor mengawasi dan mencatat hasil tolakan, hasil tolakan yang syah dicatat.
 

Text Box:       b. Gambar & Lapangan :
                                                                                                                                                                                                                                               


 








Text Box: SEKTOR LEMPARAN







 












    c. Petugas : 
3 orang :  1 orang pencatat,  2 orang pengukur/pengewas
                       
     d. Perlengkapan :
            1). Lapangan tolak peluru
            2). Meter line
            3). Peluru  
            4). Blangko pencatat hasil, alat tulis

     e. Penilaian         :
            Makin jauh hasil tolakan, makin besar nilainya ( Tabel ”terlampir”)













2.Mempraktekkan rangkaian senam lantai dan irama serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
1.  SENAM LANTAI :
      a. Rol Depan
                  1). Petunjuk Pelaksanaan : Roll Depan
a)     Text Box:  Teste melakukan rol depan berangkai sebanyak 2 x, setiap peserta diberi kesempatan 2x tidak terus menerus,
b)     Testor mengamati gerakan yang dilakukan oleh peserta, memberi scor sesuai kreteria yang telah ditentukan.
2). Gambar dan Lapangan


 









b. Rol Belakang
                  1). Petunjuk Pelaksanaan : Roll Belakang
c)      Text Box:  Teste melakukan rol depan berangkai sebanyak 2 x, setiap peserta diberi kesempatan 2x tidak terus menerus,
d)     Testor mengamati gerakan yang dilakukan oleh peserta, memberi scor sesuai kreteria yang telah ditentukan.
2). Gambar dan Lapangan


 








                  3) Petugas ;
                      1 orang  atau lebih Testor menncatat hasil pengamatan sesuai
                          dengan tabel kretria penilaian

                  4). Perlengkapan
                              Matras, Blangko pencatat hasil dan alat tulis

                  5). Penilaian :
                       Scor tertinggi dari dua kali kesempatan yang dipakai, apabila
     testor lebih dari satu dirata-rata dari hasil scor paling tinggi
     masing-masing testor
                               (tabel Penilaian terlampir)
 

3. Mempraktekkan pengembangan mekanik sikap tubuh, kebugaran jasnani serta   aktivitas lainnya  ( pilih salah satu )

1. Tes Lari 12  menit
Oleh : KENNETH COOPER Ph.D
Reliabilitas = 0,897
  1. Tujuan : untuk mengukur tingkat kesegaran jasmani seseorang
  2. Syarat mengikuti tes : Sehat, Harus sungguh-sungguh lari selama 12 menit atau menempuh jarak 2400 m untuk putra,  2000 m untuk putri
  3. Untuk anak dan orang dewasa
  4. Sarana prasarana yang dibutuhkan
1). Lintasan lari  dengan jarak 2400 m/1,5 mil darat untuk putra
2). Lintasan lari dengan jarak  2000 m/1,25 mil darat untuk putri
3). Stopwacht
4). Alat tulis
5). Tabel perhitungan
  1.  Pelaksanaan :
Teste larei selama 12 menit, berapa jarak yang berhasil ditempuh.  Catat!
  1. Analisa  hasil
” Kasar ” 
Katagori  Umur  13 -  19  Tahun: 
Putra              Putri
Baik                Jarak tempuh            > 2400 m        > 2000 m
Sedang                      Jarak tempuh                        = 2400 m        = 2000 m
Jelek               jarak tempuh             < 2400 m        < 2000 m

” Halus”
KLASIFIKASI KESEGARAN JASMANI
( Tes Aerobic : Kenneth H. Cooper ;  Lari 2400 m/ pa,  2000 m/ pi)
NO
Katagori Kesegaran
Putra / Usia (thn)
Putri / Usia (thn)
13 – 19
20 - 29
13 - 19
20 – 29
1
Baik sekali ,Terlatih
<  08’37”
<09’45”
<11’50
< 12’30”
2
Baik Sekali
08’37” -09’40”
09’45”-10’45”
11’50” - 12’29
13’30 – 13’30”
3
Baik
09’41”-10’48”
10’46”-12’00”
12’30” – 14’30’
13’31 – 15’54”
4
Sedang
10’49”-12’10”
12’01”-14’00”
14’31” – 16’54”
15’55” – 18’30”
5
Kurang
12’11”-1530”
14’01-16’00”
16’55” – 18’30”
18’31” – 19’00”
6
Sangat Kurang
>15’31
>16’01”
>18’31”
> 19’01”










3. Rangkaian Tes Kesegaran Remaja AAHPER

Pada tahun 1958,Tes Kesegaran Remaja disajikan oleh Paul Hunsicker untuk digunakan secara nasional sehubungan dengan pendapat Komite Nasional Kesegaran Jasmani untuk membina dan meningkatkan kesegaran jasmani remaja.Setelah mengalami penelaahan selama beberapa tahun dengan pengumpulan data secara nasional,pada tahun 1965 norma nasional telah diperbaharui dan diedarkan tata pelaksanaannya.Faktor yang diukur serta alat ukurnya (tesnya) adalah sebagai berikut:
  1. kekuatan dan ketahanan lengan dan bahu :  pull-ups (lelaki) gantung-tekuk (perempuan)
  2. kekuatan dan ketahanan togok : sit-ups
  3. kecepatan dan mengubah arah : lari bolak-balik
  4. kekuatan eksplosif : lompat jauh tanpa awalan
  5. kekuatan eksplosif dan kecepatan : lari cepat 50 yard (45,73 m)
  6. ketahanan kardiorespiratori : lari 600 yard,                                                   lari 9 atau 12 menit,   lari 1 atau 1,5 mil
Tes Kesegaran Jasmani Remaja AAHPER ini mudah dilaksanakan dan peralatannya sedikit dan tidak mahal. Sebaiknya rangkaian tes diselenggarakan dalam dua hari: pada hari pertama:angkat badan atau gantung tekuk, baring-duduk, dan lari bolak-balik dan pada hari kedua: lompat jauh tanpa awalan, lari cepat 50 yard, lari 600 yard, atau 9 menit, 12 menit atau lari 1 mil, atau 1,5 mil. Tes lari 9 menit atau 1 mil untuk murid umur 13 tahun ke atas. Yang perlu ditonjolkan disini adalah bahwa murid umur berumur 9 tahun sudah mulai dites, sehingga kalau ternyata hasilnya kurang, sejak 9 tahun guru telah wajib membina dan meningkatkan kesegaran jasmani murid.

4.      Tes Kesegaran Jasmani Indonesia

Tes Kesegaran Jasmani Indonesia untuk umur 6-19 tahun disusun oleh Pusat Kesegaran Jasmani dan Rekreasi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia berdasarkan dan merupakan penyempurnaan : Tes Kesegaran Jasmani Nasional (1985), Tes Kesegaran Jasmani Piagam Presiden (1986). PADA TAHUN KERJA 1990/1991 Tes Kesegaran Jasmani Indonesia untuk umur 6-19 tahun disempurnakan menjadi Tes Kesegaran Jasmani Indonesian bagi anak dan remaja umur 6-19 tahun. Rangkaian
a.      Remaja umur 16-19 tahun
1)     Lari cepat,60 meter
2)     Gantung siku tekuk (untuk puteri) gantung angkat tubuh 60 detik (untuk putera)
3)     Baring duduk 60 detik
4)     Loncat tegak
5)     Lari jarak 1000 meter (untuk puteri) 1200 meter (untuk putera)
Nampaknya kita belum berani memberi beban yang cukup berat untuk mengungkap ketahanan kardiorespiratori para remaja (bandingkan dengan tesnya AAHPER). Pelaksanaan tas dan norma penilaian akan dilampirkan.Yang perlu ditekankan adalah guru pendidikan jasmani wajib memperkenalkan butir-butir tes tresebut kepada murid-muridnya,dan kalau mungkin secara berkala menyelenggarakan tes tersebut.
 


5.      Tes Kesamaptaan Jasmani ABRI

Untuk mempersiapkan murid memasuki dinas militersetelah lulus sekolah,maka sebaiknya kepada murid di sekolah diperkenalkan pada rangkaian tes yang digunakan oleh ABRI untuk men-seleksi calon-calonnya.Tes Kesamaptaan Jasmani ABRI merupakan suatu battery (rangkaian) tes yang terdiri dari :
  1. battery tes ke satu atau tes Samapta A yaitu Tes Lari 12 menit (Tes Aerobik-nya Cooper)
  2. battery tes ke dua atau Tes Samapta B yang terdiri dari :
1)     pull-ups        :maksimal satu menit
2)     squat-jumps : maksimal satu menit 
3)     push-ups     : maksimal satu menit
4)     sit-ups           : maksimal satu menit
5)     shuttle-run   : jarak 6 x 10 meter                                                                                                

Kegunaan butir-butir tes diatas adalah :
1)     tes kari 12 menit : untuk mengukur daya tahan/ketahanan kardiorespiratori
                                    maupun ketahanan muskuler
2)     pull-ups             : untuk mengukur kekuatan dan ketahana otot lengan
3)     squat-jumps      : untuk mengukur kekuatan dan ketahanan otot kaki, serta
                                    keseimbangan dan koordinasi
4)     push-ups           : untuk mengukur kekuatan dan ketahanan otot lengan
5)     sit-ups                            : untuk mengukur kekuatan dan ketahanan oto perut
6)     shuttle-run        : untuk mengukur kelincahan,koordinasi, kecepatan,
 ketepatan dan cara mengubah arah.  

 























2. Senam Aerobik
                  a. Petunjuk Pelaksanaan :
1)     Teste secara beregu maksimal 6 orang melakukan senam aerobik sesuai dengan kreasi regu, dengan waktu antara 10 – 15 menit
2)     Text Box:  Testor menilai  dan mencatat hasil penilaiaannya sesuai tabel penilaian
b. Gambar lapangan :





 









c. Petugas :
            1 atau lebih menilai penampilan peserta



d. Perlengkapan :
           
a).  Area Senam ruang / lapangan terbuka
           
b).  Stopwach
           
c).  Peluit
           
d).  Meja / kursi testor
           
e).  Blangko Penilaian dan alat tulis



e. Penilaian
           
a). Penampilan dan semangat
           
b).  Keseuaian urutan gerak
           
c).  Kesesuaian irama
           

d). Kekompakan
           
(tabel penilaian terlampir)






PEDOMAN PENILAIAN DAN TABEL RENTANG SKOR

PERMAINAN :

1. Sepakbola

a.      Tendangan Pinalti


No
Hasil Akumulasi Scor
Nilai

Keterangan
Putra
Putri
1
14 – 15
14 – 15
9

2
13 – 12
13 – 12
8

3
10 – 11
10 – 11
7

4
8 – 9
8 – 9
6

5
6 – 7
6 – 7
5

6
4 – 5
4 – 5
4








b.     Menggiring zig-zag


No
Hasil Waktu tempuh (detik)
Nilai

Keterangan
Putra
Putri
1
<= 15.00
21.00 – 25.00
9

2
16.00 – 20.00
26.00 – 30.00
8

3
21.00 – 25.00
31.00 – 35.00
7

4
26.00 – 30.00
36.00 – 40.00
6

5
31.00 – 35.00
41.00 – 45.00
5

6
> 35.00
> 45.00
4











2. Bolavoli
                        a. Servis Bawah (pi) / Servis Atas (pa)
                

No
Hasil Akumulasi Scor
Nilai

Keterangan
Putra
Putri
1
14 – 15
14 – 15
9

2
13 – 12
13 – 12
8

3
10 – 11
10 – 11
7

4
8 – 9
8 – 9
6

5
6 – 7
6 – 7
5

6
4 – 5
4 – 5
4


                       





b.  Repetet Voli ball tes ( Voli ball tes per menit )


No
Hasil Voli ( syah)
Nilai

Keterangan
Putra
Putri
1
>=50
>= 40
9

2
40 – 49
30 – 39
8

3
30 – 39
20 – 29
7

4
20 – 29
10 – 19
6

5
10 – 19
< 10
5

6
< 10

4
















3. Bola Basket
                        a. Basket permenit


No
Hasil Tembakan (masuk syah)
Nilai

Keterangan
Putra
Putri
1
>=50
>= 40
9

2
40 – 49
30 – 39
8

3
30 – 39
20 – 29
7

4
20 – 29
10 – 19
6

5
10 – 19
< 10
5

6
< 10

4










B. ATLETIK
1.      Lari pendek 100 m


No
Waktu Tempuh ( detik )
Nilai

Keterangan
Putra
Putri
1
 < =  14.00
< =  20.00
9

2
14.01 – 19.00
20.01 – 25.00
8

3
19.01 – 24.00
25.01 – 30.00
7

4
24.01 – 29.00
30.01 – 35.00
6

5
29.01 – 34.00
35.01 – 40.00
5

6
34.01 keatas
40.01 keatas
4













2. Tolak Peluru


No
Hasil tolakan  (meter )
Nilai

Keterangan
Putra
Putri
1
>=  7.00
>= 5.00
9

2
6.00 – 6.99
4.00 – 4.99
8

3
5.00 – 5.99
3.00 – 3.99
7

4
4.00 – 4.99
2.00 – 2.99
6

5
3.00 – 3.99
1.00 – 1.99
5

6
< 3.00
< 1.00
4





































C. SENAM

1.      Senam lantai  :

a.      Rool depan

Nilai
Discrition
Keterangan
9
1. Sikap awal kedua kaki lurus,
2. membongkok bertumpu dengan kedua tangan,
3. pandangan ke perut,
4. saat menggulung tengkuk terlebih dahulu dengan
     menekuk lengan posisi kaki tetap lurus, dan
5. merubah sikap kaki dilipat saat menggulung,
6. diakhiri dengan sikap jongkok

8
1,2,3,  Baik
4. saat menggulung kaki  dilipat
5,6  baik

7
1,2,3,4 baik
5. kaki tetap lurus
6. sikap akhir duduk terlunjur

6
Asal menggulung

5
Berani melakukan jatuhan kesamping


b. Rool Belakang
Nilai
Discrition
Keterangan
9
1. Sikap awal kedua kaki lurus membelakangi arah
     jatuhan,
2. membongkok bertumpu dengan kedua tangan,
3. pandangan ke perut,
4. saat menggulung pantat terlebih dahulu dengan
     posisi kaki lurus, dan
5. mengangkat kedua kaki posisi tangan di samping
    telinga, setelah kaki melebihi garis lurus kepala
    tangan mendorong keatas,
6. diakhiri dengan sikap tangan bertumpu dan kaki
    tertumpu, dilanjutkan sikap berdiri.

8
1,2,3,  Baik
4. saat  menjatuhkan pantat kaki dilipat
5,6  baik

7
1,2,3,4 baik
5. kaki kaki dilipat
6. sikap akhir duduk

6
Asal menggulung

5
Berani melakukan jatuhan kesamping





           

D. Senam Aerobik

No.
Discription
Nilai item
Perolehan Nilai
Keterangan
1
Penampilan/ semangat
a. Mantap, Penuh semangat

8


b. Semangat
7
c. Cukup semangat
6
d. Tidak semangat
5
2
Kesesuaian gerakan Prinsif olahraga
b.      Sesuai


8


c.      Agak sesuai
6 – 7
d.      Tidak sesuai
5
3
Kesesuaian Irama musik
a.      Sesuai

8


b.      Agak sesuai
6 – 7
            c.  Tidak sesuai
5
4
Kekompakan gerak
  1. kompak

8


  1. agak kompak
6 – 7
  1. tidak kompak
5
Jumlah Scor


Catatan :
Karena penilaian ini sangat subyektif, maka persepsi diserahkan kepada  testor. Pengalaman dan kemampuan testor akan meningkatkan derajat   obyektifitas.


















PEDOMAN PENILAIAN

HASIL REKAPITULASI  NILAI MASING-MASING NOMOR  UJIAN


NO
NAMA
PESERTA
Nilai akhir
Atletik
Senam
Permainan
Or Pil
J
Nil
Nil
Ak
Lri
Lj    Tp
Rd
Rb
Ae
Bb
BV
SpBl
T Meja


Sv
Ps
Tp
Db
Sv
Pkl


1

9
9
9
9
9
8
9
9
9
9
9
9
9
116
8,92
2

















Nilai Maksimal pada Nilai Akhir adalah :

                                     Jumlah Nilai akhir masing-masing Nomor
Nilai Akhir ( NA ) =  -----------------------------------------------------------
                                     Jumlah Item Ujian ( 13 Item )


                                         9 + 9 + 9 + 9 + 9 +8 + 9 + 9 + 9 + 9 + 9 + 9 + 9        116
Nilai Akhir Masimal =  ---------------------------------------------------------------  =   ------
                                                                        13                                                           13

                                      =  8,92





Selamat menggunakan
Semoga dapat membantu
Perubahan rentang scor/nilai dipersilahkan
Sesuai dengan kondisi setempat.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar