Sabtu, 11 Februari 2012

sk kd smp











62. Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan untuk
Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs)

A. Latar Belakang
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan merupakan bagian integral dari
pendidikan secara keseluruhan, bertujuan untuk mengembangkan aspek
kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berfikir kritis, keterampilan
sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, aspek pola hidup sehat dan
pengenalan lingkungan bersih melalui aktivitas jasmani, olahraga dan kesehatan
terpilih yang direncanakan secara sistematis dalam rangka mencapai tujuan
pendidikan nasional.
Pendidikan sebagai suatu proses pembinaan manusia yang berlangsung seumur
hidup, pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan yang diajarkan di sekolah
memiliki peranan sangat penting, yaitu memberikan kesempatan kepada peserta
didik untuk terlibat langsung dalam berbagai pengalaman belajar melalui aktivitas
jasmani, olahraga dan kesehatan yang terpilih yang dilakukan secara sistematis.
Pembekalan pengalaman belajar itu diarahkan untuk membina pertumbuhan fisik
dan pengembangan psikis yang lebih baik, sekaligus membentuk pola hidup sehat
dan bugar sepanjang hayat.
Pendidikan memiliki sasaran pedagogis, oleh karena itu pendidikan kurang
lengkap tanpa adanya pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan, karena gerak
sebagai aktivitas jasmani adalah dasar bagi manusia untuk mengenal dunia dan
dirinya sendiri yang secara alami berkembang searah dengan perkembangan
zaman.
Selama ini telah terjadi kecenderungan dalam memberikan makna mutu
pendidikan yang hanya dikaitkan dengan aspek kemampuan kognitif. Pandangan
ini telah membawa akibat terabaikannya aspek-aspek moral, akhlak, budi pekerti,
seni, psikomotor, serta life skill. Dengan diterbitkannya Undang-undang Nomor
20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah
Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan akan memberikan
peluang untuk menyempurnakan kurikulum yang komprehensif dalam rangka
mencapai tujuan pendidikan nasional.
Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan merupakan media untuk mendorong
pertumbuhan fisik, perkembangan psikis, keterampilan motorik, pengetahuan dan
penalaran, penghayatan nilai-nilai (sikap-mental-emosional-sportivitas-spiritual-
sosial), serta pembiasaan pola hidup sehat yang bermuara untuk merangsang
pertumbuhan dan perkembangan kualitas fisik dan psikis yang seimbang.



















B. Tujuan
Mata pelajaran Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan bertujuan agar peserta didik
memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Mengembangkan keterampilan pengelolaan diri dalam upaya pengembangan
dan pemeliharaan kebugaran jasmani serta pola hidup sehat melalui berbagai
aktivitas jasmani dan olahraga yang terpilih
2. Meningkatkan pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik.
3. Meningkatkan kemampuan dan keterampilan gerak dasar
4. Meletakkan landasan karakter moral yang kuat melalui internalisasi nilai-nilai
yang terkandung di dalam pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan
5. Mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggungjawab, kerjasama,
percaya diri dan demokratis
6. Mengembangkan keterampilan untuk menjaga keselamatan diri sendiri, orang
lain dan lingkungan
7. Memahami konsep aktivitas jasmani dan olahraga di lingkungan yang bersih
sebagai informasi untuk mencapai pertumbuhan fisik yang sempurna, pola
hidup sehat dan kebugaran, terampil, serta memiliki sikap yang positif


C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Pendiidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
untuk jenjang SMP / MTs adalah sebagai berikut.
1. Permainan dan olahraga meliputi: olahraga tradisional, permainan. eksplorasi
gerak, keterampilan lokomotor non-lokomotor,dan manipulatif, atletik, kasti,
rounders, kippers, sepak bola, bola basket, bola voli, tenis meja, tenis lapangan,
bulu tangkis, dan beladiri, serta aktivitas lainnya
2. Aktivitas pengembangan meliputi: mekanika sikap tubuh, komponen
kebugaran jasmani, dan bentuk postur tubuh serta aktivitas lainnya
3. Aktivitas senam meliputi: ketangkasan sederhana, ketangkasan tanpa alat,
ketangkasan dengan alat, dan senam lantai, serta aktivitas lainnya
4. Aktivitas ritmik meliputi: gerak bebas, senam pagi, SKJ, dan senam aerobic
serta aktivitas lainnya
5. Aktivitas air meliputi: permainan di air, keselamatan air, keterampilan
bergerak di air, dan renang serta aktivitas lainnya
6. Pendidikan luar kelas, meliputi: piknik/karyawisata, pengenalan lingkungan,
berkemah, menjelajah, dan mendaki gunung
7. Kesehatan, meliputi penanaman budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-
hari, khususnya yang terkait dengan perawatan tubuh agar tetap sehat, merawat
lingkungan yang sehat, memilih makanan dan minuman yang sehat, mencegah
dan merawat cidera, mengatur waktu istirahat yang tepat dan berperan aktif
dalam kegiatan P3K dan UKS. Aspek kesehatan merupakan aspek tersendiri,
dan secara implisit masuk ke dalam semua aspek.














D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas VII, Semester 1
























































515
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1. Mempraktikkan berbagai teknik dasar
permainan dan olahraga, serta nilai-
nilai yang terkandung di dalamnya
1.1 Mempraktikkan variasi dan kombinasi
teknik dasar salah satu permainan dan
olahraga beregu bola besar lanjutan dengan
koordinasi yang baik, serta nilai kerjasama,
toleransi, percaya diri, keberanian,
menghargai lawan, bersedia berbagi tempat
dan peralatan**)
1.2 Mempraktikkan variasi dan kombinasi
teknik dasar salah satu permainan dan
olahraga beregu bola kecil lanjutan dengan
koordinasi yang baik , serta nilai kerjasama,
toleransi, percaya diri, keberanian,
menghargai lawan, bersedia berbagi tempat
dan peralatan **)
1.3 Mempraktikkan variasi dan kombinasi
teknik dasar atletik serta nilai toleransi,
percaya diri, keberanian, menjaga
keselamatan diri dan orang lain, bersedia
berbagi tempat dan peralatan. **)
1.4 Mempraktikkan variasi dan kombinasi
teknik dasar salah satu permainan olahraga
bela diri dengan koordinasi yang baik serta
nilai keberanian, kejujuran, menghormati
lawan dan percaya diri **)
2. Mempraktikkan latihan kebugaran
jasmani , dan nilai-nilai yang
terkandung didalamnya
2.1 Mempraktikkan jenis latihan kekuatan dan
daya tahan otot serta nilai disiplin dan
tanggung jawab
2.2 Mempraktikkan latihan daya tahan jantung
dan paru-paru , serta nilai disiplin dan
tanggung jawab

 











































































Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
3. Mempraktikkan senam dasar dengan
teknik dan nilai-nilai yang
terkandung didalamnya
3.1 Mempraktikkan senam dasar dengan bentuk
latihan keseimbangan bertumpu pada kaki ,
serta nilai disiplin, keberanian, dan
tanggung jawab
3.2 Mempraktikkan senam dasar dengan bentuk
latihan keseimbangan bertumpu selain kaki
serta  nilai  disiplin,  keberanian  dan
tanggung jawab
4 Mempraktikkan senam irama tanpa
alat , dan nilai-nilai yang terkandung
didalamnya
4.1 Mempraktikkan teknik dasar senam irama
tanpa alat, gerak langkah kaki mengikuti
irama , serta nilai disiplin, estetika, toleransi
dan keluwesan
4.2 Mempraktikkan teknik dasar senam irama
tanpa alat, gerak mengayun satu lengan
mengikuti irama , serta nilai kedisiplinan,
estetika, toleransi dan keluwesan
5. Mempraktikkan sebagian teknik
dasar renang gaya dada , dan nilai-
nilai yang terkandung didalamnya*)
5.1 Mempraktikkan teknik dasar gerakan kaki
renang gaya dada serta nilai disiplin,
keberanian dan kebersihan
5.2 Mempraktikkan teknik dasar gerakan
lengan renang gaya dada serta nilai disiplin,
keberanian dan kebersihan
5.3 Mempraktikkan teknik dasar gerakan kaki,
gerakan lengan, dan pernapasan gaya dada
serta nilai disiplin, keberanian dan
kebersihan
6. Mempraktikkan perkemahan dan
dasar-dasar penyelamatan di
lingkungan sekolah , dan nilai-nilai
yang terkandung didalamnya***)
6.1 Mempraktikkan pemilihan tempat yang
tepat untuk mendirikan tenda perkemahan,
mempraktikkan teknik dasar pemasangan
tenda untuk perkemahan di lingkungan
sekolah secara beregu , serta nilai
kerjasama, tanggung jawab dan tenggang
rasa

 



























Kelas VII, Semester 2














































Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
8. Mempraktikkan teknik dasar
permainan dan olahraga dan nilai-
nilai yang terkandung didalamnya
8.1 Mempraktikkan teknik dasar salah satu
nomor olahraga bola besar beregu lanjutan
serta nilai kerja sama, toleransi,
memecahkan masalah, menghargai teman
dan keberanian**)
8.2 Mempraktikkan teknik dasar salah satu
nomor olahraga bola kecil beregu dan
perorangan , serta nilai kerjasama,
kejujuran, dan menghormati lawan**)
8.3 Mempraktikkan teknik dasar perorangan
lanjutan atletik , serta nilai disiplin,
semangat, sportifitas, percaya diri dan
kejujuran**)
8.4 Mempraktikkan teknik dasar salah satu
permainan dan olahraga perorangan
beladiri lanjutan serta nilai kerjasama,
kejujuran, percaya diri dan menghormati
lawan**)
9. Mempraktikkan latihan kebugaran
jasmani dan nilai-nilai yang
terkandung didalamnya
9.1 Mempraktikkan jenis latihan untuk
kelentukan dan keseimbangan serta nilai
disiplin dan tanggung jawab
9.2 Mempraktikkan jenis latihan kecepatan
dan kelincahan serta nilai disiplin dan
tanggung jawab

 
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar

6.2 Mempraktikkan penyelamatan dan P3K
terhadap jenis luka ringan serta nilai kerja
sama, tanggung jawab dan tenggang rasa
7. Menerapkan budaya hidup sehat
7.1 Memahami pola makan sehat
7.2 Memahami perlunya keseimbangan gizi

 











































































Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
10. Mempraktikkan teknik dasar senam
lantai dan nilai-nilai yang terkandung
didalamnya
10.1 Mempraktikkan teknik dasar gerak guling
depan serta nilai kedisiplinan,
keberanian, tanggung jawab
10.2 Mempraktikkan teknik dasar guling
belakang serta nilai disiplin, keberanian
dan tanggung jawab
11. Mempraktikkan senam irama tanpa
alat dan nilai-nilai yang terkandung
didalamnya
11.1 Mempraktikkan teknik dasar senam
irama tanpa alat gerak mengayun dua
lengan mengikuti irama , serta nilai
disiplin, estetika toleransi dan keluwesan
11.2 Mempraktikkan teknik dasar senam
irama tanpa alat dengan melangkah dan
mengayun , serta nilai disiplin, estetika,
toleransi dan keluwesan
12. Mempraktikkan teknik dasar renang
gaya bebas , dan nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya*)
12.1 Mempraktikkan koordinasi gerakan kaki
dan lengan renang gaya bebas serta
nilai disiplin, keberanian dan kebersihan
12.2 Mempraktikkan koordinasi gerakan
lengan dan pernapasan renang gaya
bebas serta nilai disiplin, keberanian
dan kebersihan
12.3 Mempraktikkan koordinasi renang gaya
bebas serta nilai disiplin, keberanian
dan kebersihan
13. Menerapkan budaya hidup sehat
13.1 Memahami berbagai penyakit menular
seksual (PMS)
13.2 Memahami cara menghindari penyakit
menular seksual

 










Kelas VIII, Semester 1































































Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1. Mempraktikkan berbagai teknik dasar
permainan dan olahraga dan nilai-
nilai yang terkandung di dalamnya
1.1 Mempraktikkan teknik dasar salah satu
permainan dan olahraga beregu bola besar
lanjutan dengan koordinasi yang baik serta
nilai kerjasama, toleransi, percaya dini,
keberanian, menghargai lawan, bersedia
berbagi tempat dan peralatan**)
1.2 Mempraktikkan teknik dasar salah satu
permainan dan olahraga beregu bola kecil
lanjutan dengan koordinasi yang baik serta
nilai kerjasama, toleransi, percaya diri,
keberanian, menghargai lawan, bersedia
berbagi tempat dan peralatan**)
1.3 Mempraktikkan teknik dasar salah satu
permainan olahraga atletik lanjutan dengan
koordinasi yang baik serta nilai kerjasama,
toleransi, percaya diri, keberanian,
menghargai lawan, bersedia berbagi tempat
dan peralatan **)
1.4 Mempraktikkan teknik dasar salah salah satu
permainan olahraga bela diri lanjutan dengan
koordinasi yang baik serta nilai keberanian,
kejujuran, menghormati lawan dan percaya
diri **)
2. Mempraktikkan latihan kebugaran
dalam bentuk latihan sirkuit dan
nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya
2.1 Mempraktikkan latihan kekuatan dan daya
tahan anggota badan bagian atas dengan
sistem sirkuit serta nilai disiplin dan
tanggung jawab
2.2 Mempraktikkan latihan kekuatan dan daya
tahan anggauta badan bagian bawah dengan
sistem sirkuit serta nilai disiplin dan
tanggung jawab

 











































































Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
3. Mempraktikkan teknik dasar senam
lantai dan nilai-nilai yang terkandung
di dalamnya
3.1 Mempraktikkan teknik dasar senam lantai
meroda berdasarkan konsep yang serta nilai
kedisiplinan, keberanian dan tanggung jawab
3.2 Mempraktikkan teknik dasar senam lantai
guling lenting serta nilai kedisiplinan,
keberanian dan tanggung jawab
4. Mempraktikkan senam irama dengan
alat dan nilai-nilai yang terkandung
di dalamnya
4.1 Mempraktikkan teknik dasar senam irama
menggunakan tongkat atau simpai dengan
gerakan mengayun dan memutar ke berbagai
arah serta nilai disiplin, toleransi dan
estetika
4.2 Mempraktikkan kombinasi gerakan
mengayun/memutar ke berbagai arah dengan
gerak melangkah serta nilai
disiplin,toleransi, keluwesan gerak, dan
estetika
5. Mempraktikkan teknik dasar renang
gaya bebas dan nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya*)
5.1 Mempraktikkan teknik dasar gerakan kaki
renang gaya bebas serta nilai disiplin,
keberanian dan kebersihan
5.2 Mempraktikkan teknik dasar gerakan lengan
renang gaya bebas serta nilai disiplin,
keberanian dan kebersihan
5.3 Mempraktikkan teknik dasar pernapasan
renang gaya bebas serta nilai disiplin,
keberanian dan kebersihan
6. Menerapkan budaya hidup sehat
6.1 Mengenal bahaya seks bebas
6.2 Menolak budaya seks bebas

 










Kelas VIII, Semester 2































































Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
7. Mempraktikkan berbagai teknik dasar
permainan dan olahraga dan mlai-
nilai yang terkandung di dalamnya
7.1 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik
dasar salah satu permainan dan olahraga
beregu bola besar lanjutan dengan koordinasi
yang baik serta nilai kerjasama, toleransi,
percaya diri, keberanian, menghargai lawan,
bersedia berbagi tempat dan peralatan**)
7.2 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik
dasar salah satu permainan dan olahraga bola
kecil lanjutan dengan koordinasi yang baik
serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri,
keberanian, menghargai lawan, bersedia
berbagi tempat dan peralatan**)
7.3 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik
dasar lanjutan atletik dengan koordinasi yang
baik serta nilai percaya diri, keberanian,
menjaga keselamatan diri dan orang lain,
bersedia berbagi tempat dan peralatan**)
7.4 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik
dasar salah satu permainan olahraga bela diri
lanjutan dengan koordinasi yang baik serta
nilai keberanian, kejujuran, menghormati
lawan dan percaya diri**)
8. Mempraktikkan latihan kebugaran
dalam bentuk latihan sirkuit dan
nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya
8.1 Mempraktikkan latihan kecepatan dan
kelincahan anggota badan bagian atas serta
nilai disiplin dan tanggung jawab
8.2 Mempraktikkan latihan kecepatan dan
kelincahan anggota badan bagian bawah
serta nilai disiplin dan tanggung jawab
9. Mempraktikkan teknik dasar senam
lantai dan nilai-nilai yang terkandung
di dalamnya
9.1 Mempraktikkan rangkaian teknik dasar gerak
meroda dan guling depan serta nilai disiplin,
keberanian dan tanggung jawab

 











































































Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar

9.2 Mempraktikkan rangkaian teknik dasar
guling depan dan guling lenting serta nilai
disiplin, keberanian dan tanggung jawab.
10. Mempraktikkan senam irama
dengan alat dan nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya
10.1 Mempraktikkan variasi gerakan mengayun
ke berbagai arah serta nilai disiplin, toleransi
dan keluwesan gerak
10.2 Mempraktikkan variasi gerakan memutar ke
berbagai arah serta nilai disiplin, toleransi
dan keluwesan
11. Mempraktikkan teknik dasar renang
gaya dada dan nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya*)
11.1 Mempraktikkan koordinasi teknik dasar
meluncur lanjutan, gerakan kaki dan lengan
renang gaya dada dalam jarak tertentu serta
nilai disiplin, keberanian dan kebersihan
11.2 Mempraktikkan koordinasi teknik dasar
pernapasan renang gaya dada serta nilai
disiplin, keberanian dan kebersihan
12. Mempraktikkan penjelajahan di
sekitar sekolah dan nilai-nilai yang
terkandung didalamnya***)
12.1 Mendiskripsikan perencanaan kegiatan
penjelajahan secara sederhana
12.2 Mempraktikkan keterampilan penjelajahan
di sekitar sekolah serta nilai kerjasama,
toleransi, tolong menolong, etika,
memperhatikan keselamatan dan kebersihan
lingkungan
13. Menerapkan budaya hidup sehat
13.1 Memahami berbagai penyakit menular yang
bersumber dari lingkungan tidak sehat
13.2 Memahami cara menghindari penyakit
menular yang bersumber dari lingkungan
tidak sehat

 










Kelas IX, Semester 1































































Standar Kompetensi
Kompetensi dasar
1. Mempraktikkan berbagai teknik dasar
ke dalam permainan dan olahraga
serta nilai-nilai yang terkandung
didalamnya
1.1 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik
dasar salah satu permainan dan olahraga
beregu bola besar lanjutan dengan konsisten
serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri,
keberanian, menghargai lawan dan bersedia
berbagi tempat dan peralatan**)
1.2 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik
dasar salah satu permainan dan olahraga
beregu bola kecil lanjutan dengan konsisten
serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri,
keberanian, menghargai lawan, bersedia
berbagi tempat dan peralatan**)
1.3 Mempraktikkan teknik dasar atletik lanjutan
serta nilai toleransi, percaya diri, keberanian,
menjaga keselamatan diri dan orang lain,
bersedia berbagi tempat dan peralatan**)
1.4 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik
dasar salah satu permainan olahraga bela diri
lanjutan dengan konsisten serta nilai
keberanian, kejujuran, menghormati lawan
dan percaya diri **)
2. Mempraktikkan jenis latihan beban
dengan alat sederhana untuk
meningkatkan kebugaran dan nilai-
nilai yang terkandung di dalamnya
2.1 Mengidentifikasi jenis-jenis latihan yang
sesuai dengan kebutuhan
2.2 Mempraktikkan latihan kekuatan, kecepatan,
daya tahan dan kelentukan untuk kebugaran
jasmani sesuai dengan kebutuhan dengan
menggunakan alat sederhana serta nilai
semangat, tanggung jawab, disiplin, dan
percaya diri
3. Mempraktikkan rangkaian gerak
senam lantai dengan gerakan yang
benar dan nilai-nilai yang terkandung
di dalamnya
3.1 Mempraktikkan rangkaian senam lantai tanpa
alat serta nilai percaya diri, kerja sama,
disiplin, keberanian, dan keselamatan

 











































































Standar Kompetensi
Kompetensi dasar

3.2 Mempraktikkan beberapa rangkaian senam
lantai , serta nilai keberanian, kedisiplinan,
keluwesan dan estetika
4. Mempraktikkan rangkaian gerak
teknik senam irama tanpa dan dengan
alat serta nilai-nilai yang terkandung
di dalamnya
4.1 Mempraktikkan rangkaian aktivitas ritmik
tanpa alat dengan koordinasi gerak yang baik
serta nilai disiplin, toleransi, keluwesan dan
estetika
4.2 Mempraktikkan rangkaian aktivitas ritmik
berirama menggunakan alat dengan
koordinasi gerak serta nilai disiplin,
toleransi, keluwesan, dan estetika
5. Mempraktikkan teknik dasar renang
gaya punggung dan nilai- nilai yang
terkandung di dalamnya*)
5.1 Mempraktikkan teknik dasar gerakan kaki
renang gaya punggung serta nilai disiplin,
keberanian dan kebersihan
5.2 Mempraktikkan teknik dasar gerakan lengan
renang gaya punggung serta nilai disiplin,
keberanian dan kebersihan
5.3 Mempraktikkan teknik dasar pernapasan
renang gaya punggung serta nilai disiplin,
keberanian dan kebersihan
6. Mempraktikkan dasar-dasar
penjelajahan di alam bebas dan nilai-
nilai yang terkandung
didalamnya***)
6.1 Mempraktikkan rencana kegiatan
penjelajahan
6.2 Mempraktikkan berbagai keterampilan untuk
memecahkan masalah yang ditemukan dalam
aktivitas penjelajahan di alam bebas serta
nilai kerjasama, disiplin, keselamatan,
kebersihan, dan etika
7. Menerapkan budaya hidup sehat
7.1 Memahami berbagai bahaya kebakaran
7.2 Memahami cara menghindari bahaya
kebakaran

 









Kelas IX, Semester 2
































































Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
8. Mengembangkan berbagai teknik
dasar ke dalam permainan dan
olahraga serta nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya
8.1 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik
dasar salah satu permainan dan olahraga
beregu bola besar lanjutan dengan tepat dan
lancar serta nilai kerjasama, toleransi,
percaya diri, keberanian, menghargai lawan,
bersedia berbagi tempat dan peralatan**)
8.2 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik
dasar salah satu permainan dan olahraga
beregu bola kecil lanjutan dengan tepat dan
lancar serta nilai kerjasama, toleransi,
percaya diri, keberanian, menghargai lawan,
berbagi tempat dan peralatan**)
8.3 Mempraktikkan teknik dasar atletik lanjutan
serta nilai toleransi, percaya diri, keberanian,
keselamatan, berbagi tempat dan
peralatan**)
8.4 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik
dasar salah satu permainan olahraga bela diri
lanjutan dengan tepat dan lancar serta nilai
keberanian, kejujuran, menghormati lawan
dan percaya diri**)
9. Mempraktikkan tes kebugaran
jasmani secara sederhana
9.1 Mempraktikkan tes kesegaran jasmani secara
sederhana
9.2 Menginterpretasi secara sederhana hasil tes
dalam menentukan derajat kebugaran
10. Mempraktikkan rangkaian gerak
senam dan nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya
10.1 Mempraktikkan rangkaian senam lantai
tanpa alat serta nilai percaya diri, kerja
sama, tanggung jawab, menghargai teman

 











































































Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar

10.2 Mempraktikkan rangkaian senam lantai
dengan alat serta nilai percaya diri dan
disiplin
11. Mempraktikkan senam irama dan
nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya
11.1 Mempraktikkan kombinasi gerak berirama
tanpa alat dengan koordinasi yang benar
serta nilai disiplin, toleransi, keluwesan dan
estetika
11.2 Mempraktikkan gerak rangkaian senam
irama menggunakan alat dengan koordinasi
serta nilai kedisiplinan, toleransi, keluwesan,
dan estetika
12. Mempraktikkan kecakapan teknik
dasar gaya renang dan nilaii- nilai
yang terkandung di dalamnya*)
12.1 Mempraktikkan koordinasi teknik dasar
meluncur, gerakan kaki dan lengan, renang
gaya bebas dalam jarak tertentu serta nilai
disiplin, keberanian dan kebersihan
12.2 Mempraktikkan koordinasi teknik dasar
meluncur, gerakan kaki, lengan dan
pernapasan, renang gaya bebas dalam jarak
tertentu serta nilai disiplin, keberanian dan
kebersihan
13. Mempraktikkan keterampilan dasar
penjelajahan, dan penyelamatan
aktivitas di alam bebas dan nilai-nilai
yang terkandung di dalamnya***)
13.1 Mempraktikkan perencanaan dasar-dasar
kegiatan menjelajah alam bebas serta nilai
kerjasama, toleransi, tolong menolong,
pengambilan keputusan dalam kelompok.
13.2 Mempraktikkan keterampilan dasar
penyelamatan penjelajahan di alam bebas
serta nilai kerjasama, toleransi, tolong
menolong, keputusan dalam kelompok
14. Menerapkan budaya hidup sehat
14.1 Memahami berbagai bahaya bencana alam
14.2 Memahami cara menghadapi berbagai
bencana alam

 









Keterangan

1.







2.

*) Diajarkan sebagai kegiatan pilihan, disesuaikan dengan situasi dan kondisi
sekolah
**) Materi pilihan, disesuaikan dengan fasilitas dan peralatan yang tersedia
***) Diajarkan sebagai kegiatan yang dapat dilakukan dalam semester 1 dan
atau semester 2
Untuk pembinaan peserta didik ynag berminat terhadap salah satu atau

beberapa cabang tertentu dapat dilakukan melalui kegiatan ekstra kurikuler


E. Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk
mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian
kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan
penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.




















































 
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN ( SKL )

STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR


MATA PELAJARAN
PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN
( PENJAS-ORKES )
_Pic20






          SMP NEGERI 3 KOKAP  KULON PROGO
Alamat : Kalirejo, Kokap, Kulon Progo, 55653,
Telp. 0828 926 00544


 



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar