62.
Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan untuk
Sekolah
Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs)
A.
Latar Belakang
Pendidikan
Jasmani Olahraga dan Kesehatan merupakan bagian integral dari
pendidikan
secara keseluruhan, bertujuan untuk mengembangkan aspek
kebugaran
jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berfikir kritis, keterampilan
sosial,
penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, aspek pola hidup sehat dan
pengenalan lingkungan bersih melalui aktivitas jasmani, olahraga
dan kesehatan
terpilih
yang direncanakan secara sistematis dalam rangka mencapai tujuan
pendidikan
nasional.
Pendidikan
sebagai suatu proses pembinaan manusia yang berlangsung seumur
hidup,
pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan yang diajarkan di sekolah
memiliki
peranan sangat penting, yaitu memberikan kesempatan kepada peserta
didik
untuk terlibat langsung dalam berbagai pengalaman belajar melalui aktivitas
jasmani,
olahraga dan kesehatan yang terpilih yang dilakukan secara sistematis.
Pembekalan
pengalaman belajar itu diarahkan untuk membina pertumbuhan fisik
dan
pengembangan psikis yang lebih baik, sekaligus membentuk pola hidup sehat
dan
bugar sepanjang hayat.
Pendidikan
memiliki sasaran pedagogis, oleh karena itu pendidikan kurang
lengkap
tanpa adanya pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan, karena gerak
sebagai
aktivitas jasmani adalah dasar bagi manusia untuk mengenal dunia dan
dirinya
sendiri yang secara alami berkembang searah dengan perkembangan
zaman.
Selama
ini telah terjadi kecenderungan dalam memberikan makna mutu
pendidikan
yang hanya dikaitkan dengan aspek kemampuan kognitif. Pandangan
ini
telah membawa akibat terabaikannya aspek-aspek moral, akhlak, budi pekerti,
seni,
psikomotor, serta life skill. Dengan diterbitkannya Undang-undang Nomor
20
Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah
Nomor
19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan akan memberikan
peluang
untuk menyempurnakan kurikulum yang komprehensif dalam rangka
mencapai
tujuan pendidikan nasional.
Pendidikan
jasmani, olahraga, dan kesehatan merupakan media untuk mendorong
pertumbuhan
fisik, perkembangan psikis, keterampilan motorik, pengetahuan dan
penalaran,
penghayatan nilai-nilai (sikap-mental-emosional-sportivitas-spiritual-
sosial),
serta pembiasaan pola hidup sehat yang bermuara untuk merangsang
pertumbuhan
dan perkembangan kualitas fisik dan psikis yang seimbang.
B.
Tujuan
Mata
pelajaran Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan bertujuan agar peserta didik
memiliki
kemampuan sebagai berikut.
1.
Mengembangkan keterampilan pengelolaan diri dalam upaya pengembangan
dan
pemeliharaan kebugaran jasmani serta pola hidup sehat melalui berbagai
aktivitas
jasmani dan olahraga yang terpilih
2.
Meningkatkan pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik.
3.
Meningkatkan kemampuan dan keterampilan gerak dasar
4.
Meletakkan landasan karakter moral yang kuat melalui internalisasi nilai-nilai
yang
terkandung di dalam pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan
5.
Mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggungjawab, kerjasama,
percaya
diri dan demokratis
6.
Mengembangkan keterampilan untuk menjaga keselamatan diri sendiri, orang
lain
dan lingkungan
7.
Memahami konsep aktivitas jasmani dan olahraga di lingkungan yang bersih
sebagai
informasi untuk mencapai pertumbuhan fisik yang sempurna, pola
hidup
sehat dan kebugaran, terampil, serta memiliki sikap yang positif
C.
Ruang Lingkup
Ruang
lingkup mata pelajaran Pendiidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
untuk
jenjang SMP / MTs adalah sebagai berikut.
1.
Permainan dan olahraga meliputi: olahraga tradisional, permainan. eksplorasi
gerak,
keterampilan lokomotor non-lokomotor,dan manipulatif, atletik, kasti,
rounders,
kippers, sepak bola, bola basket, bola voli, tenis meja, tenis lapangan,
bulu
tangkis, dan beladiri, serta aktivitas lainnya
2.
Aktivitas pengembangan meliputi: mekanika sikap tubuh, komponen
kebugaran
jasmani, dan bentuk postur tubuh serta aktivitas lainnya
3.
Aktivitas senam meliputi: ketangkasan sederhana, ketangkasan tanpa alat,
ketangkasan
dengan alat, dan senam lantai, serta aktivitas lainnya
4.
Aktivitas ritmik meliputi: gerak bebas, senam pagi, SKJ, dan senam aerobic
serta
aktivitas lainnya
5.
Aktivitas air meliputi: permainan di air, keselamatan air, keterampilan
bergerak
di air, dan renang serta aktivitas lainnya
6.
Pendidikan luar kelas, meliputi: piknik/karyawisata, pengenalan lingkungan,
berkemah,
menjelajah, dan mendaki gunung
7.
Kesehatan, meliputi penanaman budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-
hari,
khususnya yang terkait dengan perawatan tubuh agar tetap sehat, merawat
lingkungan
yang sehat, memilih makanan dan minuman yang sehat, mencegah
dan
merawat cidera, mengatur waktu istirahat yang tepat dan berperan aktif
dalam
kegiatan P3K dan UKS. Aspek kesehatan merupakan aspek tersendiri,
dan
secara implisit masuk ke dalam semua aspek.
D.
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas
VII, Semester 1
515
|
|
Kelas
VII, Semester 2
|
|
|
Kelas
VIII, Semester 1
|
|
Kelas VIII, Semester 2
|
|
Kelas
IX, Semester 1
|
|
Kelas
IX, Semester 2
|
|
Keterangan
1.
2.
*)
Diajarkan sebagai kegiatan pilihan, disesuaikan dengan situasi dan kondisi
sekolah
**)
Materi pilihan, disesuaikan dengan fasilitas dan peralatan yang tersedia
***) Diajarkan sebagai kegiatan yang dapat
dilakukan dalam semester 1 dan
atau
semester 2
Untuk
pembinaan peserta didik ynag berminat terhadap salah satu atau
beberapa
cabang tertentu dapat dilakukan melalui kegiatan ekstra kurikuler
E.
Arah Pengembangan
Standar
kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk
mengembangkan
materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian
kompetensi
untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan
penilaian
perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN ( SKL )
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
MATA PELAJARAN
PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN
( PENJAS-ORKES )
SMP NEGERI 3 KOKAP KULON PROGO
Alamat : Kalirejo, Kokap,
Kulon Progo, 55653,
Telp. 0828 926 00544
Tidak ada komentar:
Posting Komentar