STANDAR KOMPETENSI LULUSAN ( SKL )
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
MATA PELAJARAN
PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN
( PENJAS-ORKES )
SMK MA’ARIF 1 WATES
Jl.
Puntodewo, Gadingan, Wates, Telp. (0274)773565 Kode Pos 55611, Kulon Progo
Email
: smkmf1_wates@yahoo.com
PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN
( PENJAS-0RKES )
A. Latar Belakang
Pendidikan Jasmani Olahraga dan
Kesehatan merupakan bagian integral dari pendidikan secara keseluruhan,
bertujuan untuk mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak,
keterampilan berfikir kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitas
emosional, tindakan moral, aspek pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan
bersih melalui aktivitas jasmani, olahraga dan kesehatan terpilih yang
direncanakan secara sistematis dalam rangka mencapai tujuan pendidikan
nasional.
Pendidikan sebagai suatu proses
pembinaan manusia yang berlangsung seumur hidup, pendidikan jasmani, olahraga
dan kesehatan yang diajarkan di sekolah memiliki peranan sangat penting, yaitu
memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat langsung dalam
berbagai pengalaman belajar melalui aktivitas jasmani, olahraga dan kesehatan yang terpilih yang dilakukan
secara sistematis. Pembekalan pengalaman
belajar itu diarahkan untuk membina pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis
yang lebih baik, sekaligus membentuk pola hidup sehat dan bugar sepanjang
hayat.
Pendidikan memiliki sasaran
pedagogis, oleh karena itu pendidikan kurang lengkap tanpa adanya pendidikan
jasmani, olahraga dan kesehatan, karena gerak sebagai aktivitas jasmani adalah
dasar bagi manusia untuk mengenal dunia dan dirinya sendiri yang secara alami
berkembang searah dengan perkembangan zaman.
Selama ini telah terjadi
kecenderungan dalam memberikan makna mutu pendidikan yang hanya dikaitkan
dengan aspek kemampuan kognitif. Pandangan ini telah membawa akibat
terabaikannya aspek-aspek moral, akhlak, budi pekerti, seni, psikomotor, serta
life skill. Dengan diterbitkannya Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang
Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang
Standar Nasional Pendidikan akan memberikan peluang untuk menyempurnakan
kurikulum yang komprehensif dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional.
Pendidikan jasmani, olahraga, dan
kesehatan merupakan media untuk mendorong pertumbuhan fisik, perkembangan
psikis, keterampilan motorik, pengetahuan dan penalaran, penghayatan
nilai-nilai (sikap-mental-emosional-sportivitas-spiritual-sosial), serta pembiasaan
pola hidup sehat yang bermuara untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan
kualitas fisik dan psikis yang seimbang.
B. Tujuan
Mata pelajaran Jasmani,
Olahraga, dan Kesehatan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai
berikut.
1. Mengembangkan
keterampilan pengelolaan diri dalam upaya pengembangan dan pemeliharaan
kebugaran jasmani serta pola hidup sehat melalui berbagai aktivitas jasmani dan
olahraga yang terpilih
2. Meningkatkan
pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik
3. Meningkatkan
kemampuan dan keterampilan gerak dasar
4.
Meletakkan landasan karakter moral yang kuat
melalui internalisasi nilai-nilai yang terkandung di dalam pendidikan jasmani,
olahraga dan kesehatan
5.
Mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin,
bertanggungjawab, kerjasama, percaya diri dan demokratis
6.
Mengembangkan keterampilan untuk menjaga
keselamatan diri sendiri, orang lain dan lingkungan
7.
Memahami konsep aktivitas jasmani dan
olahraga di lingkungan yang bersih sebagai informasi untuk mencapai pertumbuhan
fisik yang sempurna, pola hidup sehat dan kebugaran, terampil, serta memiliki
sikap yang positif.
C.
Ruang Lingkup
Ruang lingkup
mata pelajaran Pendiidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan untuk meliputi aspek-aspek sebagai
berikut.
1. Permainan dan
olahraga meliputi: olahraga tradisional, permainan. eksplorasi gerak,
keterampilan lokomotor non-lokomotor,dan manipulatif, atletik, kasti,
rounders, kippers, sepak bola, bola basket, bola voli, tenis meja, tenis
lapangan, bulu tangkis, dan beladiri, serta aktivitas lainnya
2. Aktivitas
pengembangan meliputi: mekanika sikap tubuh, komponen kebugaran jasmani, dan
bentuk postur tubuh serta aktivitas lainnya
3. Aktivitas
senam meliputi: ketangkasan sederhana, ketangkasan tanpa alat, ketangkasan
dengan alat, dan senam lantai, serta aktivitas lainnya
4. Aktivitas
ritmik meliputi: gerak bebas, senam pagi, SKJ, dan senam aerobic serta
aktivitas lainnya
5. Aktivitas air
meliputi: permainan di air, keselamatan air, keterampilan bergerak di air, dan renang serta aktivitas lainnya
6.
Pendidikan luar kelas, meliputi:
piknik/karyawisata, pengenalan lingkungan, berkemah, menjelajah, dan mendaki gunung
7.
Kesehatan, meliputi penanaman budaya hidup sehat dalam kehidupan
sehari-hari, khususnya yang terkait dengan perawatan tubuh agar tetap sehat,
merawat lingkungan yang sehat, memilih makanan dan minuman yang sehat, mencegah
dan merawat cidera, mengatur waktu
istirahat yang tepat dan berperan aktif dalam kegiatan P3K dan UKS. Aspek kesehatan merupakan aspek
tersendiri, dan secara implisit masuk ke dalam semua aspek.
STANDAR KOMPETENSI
DAN KOMPETENSI DASAR
Kelas X, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1.
Mempraktikkan berbagai keterampilan permainan olahraga dalam bentuk
sederhana dan nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya
|
1.1 Mempraktikkan keterampilan
bermain salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar serta nilai kerjasama, kejujuran,
menghargai, semangat, dan percaya diri**)
1.2 Mempraktikkan keterampilan salah
satu permainan olahraga beregu bola kecil dengan menggunakan alat dan
peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai,
semangat dan percaya diri**)
1.3 Mempraktikkan keterampilan atletik dengan
menggunakan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai,
semangat, dan percaya diri**)
1.4 Mempraktikkan keterampilan salah
satu cabang olahraga bela diri serta
nilai kejujuran, menghargai orang lain, kerja keras dan percaya diri**)
|
2.
Mempraktikkan latihan kebugaran jasmani dan cara mengukurnya sesuai
dengan kebutuhan dan nilai nilai yang
terkandung di dalamnya
|
2.1 Mempraktikkan latihan
kekuatan, kecepatan, daya tahan dan kelentukan untuk kebugaran jasmani dalam
bentuk sederhana serta nilai
tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri
2.2 Mempraktikkan tes kebugaran jasmani serta
nilai tanggung jawab, disiplin, dan percaya diri.
2.3 Mempraktikkan perawatan tubuh agar tetap
segar
|
3. Mempraktikkan keterampilan rangkaian senam lantai dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya
|
3.1 Mempraktikkan rangkaian senam lantai dengan menggunakan
bantuan serta nilai percaya diri,
kerjasama, tanggungjawab, menghargai teman
3.2 Mempraktikkan rangkaian senam
lantai tanpa alat serta nilai percaya
diri, kerjasama dan tanggung jawab
|
4. Mempraktikkan aktivitas ritmik tanpa alat
dengan koordinasi yang baik dan nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya
|
4.1
Mempraktikkan keterampilan gerak dasar langkah dan lompat pada aktivitas ritmik tanpa alat serta nilai kedisiplinan, konsentrasi dan keluwesan
4.2 Mempraktikkan
keterampilan dasar ayunan lengan pada aktivitas ritmik tanpa alat dengan
koordinasi gerak yang benar serta nilai disiplin,
toleransi dan estetika
|
5. Mempraktikkan salah satu gaya renang dan
loncat indah sederhana dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya*)
|
5.1
Mempraktikkan keterampilan dasar salah satu gaya renang serta nilai disiplin,
keberanian, tanggung jawab, dan kerja keras
5.2
Mempraktikkan keterampilan teknik dasar loncat indah dari samping kolam
dengan teknik serta nilai disiplin,
keberanian, tanggung jawab, dan kerja keras
|
6. Mempraktikkan perencanaan penjelajahan dan
penyelamatan aktivitas di alam bebas
dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya***)
|
6.1
Mempraktikkan keterampilan dasar-dasar kegiatan menjelajah pantai serta nilai tanggung jawab, kerjasama, toleransi, tolong menolong, melaksanakan keputusan kelompok
6.2 Mempraktikkan
keterampilan dasar penyelamatan kegiatan penjelajahan di pantai serta nilai tanggung jawab, kerjasama, toleransi,
tolong menolong, keputusan dalam kelompok
6.3 Mempraktikkan
keterampilan memilih makanan dan minuman yang sehat
|
7. Menerapkan budaya hidup sehat
|
7.1
Menganalisis bahaya penggunaan narkoba
7.2
Memahami berbagai peraturan perundangan tentang narkoba
|
Kelas X, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
8.
Mempraktikkan berbagai keterampilan permainan olahraga dalam bentuk
sederhana dan nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya
|
8.1
Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga
beregu bola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi serta
nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri **)
8.2
Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga
bola kecil dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi serta
nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, percaya diri**)
8.3
Mempraktikkan keterampilan atletik dengan menggunakan peraturan yang
dimodifikasi serta
nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri **)
8.4
Mempraktikkan keterampilan olahraga bela diri serta
nilai kejujuran, toleransi, kerja keras dan percaya diri**)
|
9.
Mempraktikkan latihan kebugaran jasmani dan cara mengukurnya sesuai
dengan kebutuhan dan nilai nilai yang
terkandung di dalamnya
|
9.1
Mempraktikkan berbagai bentuk kebugaran jasmani sesuai dengan
kebutuhan serta
nilai kejujuran, tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri
9.2
Mempraktikkan tes kebugaran dan interpretasi hasil tes dalam
menentukan derajat kebugaran serta nilai kejujuran, semangat, tanggungjawab, disiplin, dan percaya
diri
|
10. Mempraktikkan keterampilan
rangkaian senam lantai dan nilai nilai
yang terkandung di dalamnya
|
10.1 Mempraktikkan keterampilan rangkaian senam
lantai dengan menggunakan alat serta
nilai percaya diri, kerjasama, tanggungjawab dan menghargai teman
10.2 Mempraktikkan keterampilan rangkaian senam
lantai tanpa alat serta nilai percaya
diri, kerjasama, tanggungjawab dan menghargai teman
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
11.
Mempraktikkan aktivitas ritmik tanpa alat dengan koordinasi yang baik dan
nilai nilai yang terkandung di dalamnya
|
11.1
Mempraktikkan kombinasi keterampilan langkah kaki dan ayunan lengan
pada aktivitas ritmik berirama tanpa alat serta nilai disiplin, toleransi, keluwesan dan
estetika
11.2
Mempraktikkan rangkaian senam irama tanpa alat dengan koordinasi gerak
serta
nilai disiplin, toleransi, keluesan dan estetika
|
12.
Mempraktikkan keterampilan beberapa
gaya renang
dan pertolongan kecelakaan di air dan
nilai nilai yang terkandung di dalamnya*)
|
12.1
Mempraktikkan kombinasi teknik
renang gaya dada, gaya
bebas dan salah satu gaya
lain serta
nilai disiplin, kerja keras keberanian dan tanggung jawab
12.2 Mempraktikkan
keterampilan dasar pertolongan kecelakaan di air dengan sistim Resusitasi
Jantung dan Paru (RJP) serta nilai disiplin, kerja keras keberanian dan tanggung jawab
|
13. Mempraktikkan
perencanaan penjelajahan dan penyelamatan aktivitas di alam bebas dan nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya***)
|
13.1 Mempraktikkan
keterampilan dasar-dasar kegiatan menjelajah gunung serta
nilai tanggung jawab, kerjasama, toleransi, tolong-menolong, dan melaksanakan
keputusan dalam kelompok
13.2
Mempraktikkan keterampilan dasar
penyelamatan penjelajahan di pegunungan serta nilai tanggung jawab, kerjasama, toleransi,
tolong menolong, dan melaksanakan keputusan kelompok
13.3 Mempraktikkan
keterampilan penjagaan lingkungan yang sehat
|
14. Menerapkan budaya hidup sehat
|
14.1
Menganalisis dampak seks bebas
14.2
Memahami cara menghindari seks bebas
|
Kelas XI, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1.
Mempraktikkan berbagai keterampilan permainan olahraga dengan
teknik dan nilai nilai yang terkandung
di dalamnya.
|
1.1
Mempraktikkan
keterampilan teknik bermain salah satu permainan olahraga bola besar secara
sederhana serta
nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat dan percaya diri **)
1.2
Mempraktikkan
keterampilan teknik bermain
salah satu permainan olahraga bola kecil secara sederhana serta
nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, kerja keras dan percaya diri**)
1.3
Mempraktikkan keterampilan teknik salah satu nomor atletik dengan
menggunakan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras dan
percaya diri **)
1.4
Mempraktikkan keterampilan
teknik penyerangan salah satu permainan olahraga bela diri serta
nilai kerjasama, kejujuran, menghargai orang lain, kerja keras dan percaya
diri**)
|
2. Mempraktikkan aktivitas pengembangan untuk
meningkatkan kualitas kebugaran jasmani dan cara pengukurannya dan nilai nilai yang terkandung di
dalamnya
|
2.1
Mempraktikkan berbagai bentuk latihan kelincahan, power dan daya tahan
untuk peningkatan kebugaran jasmani serta nilai tanggungjawab, disiplin, dan percaya
diri
2.2
Mempraktikkan tes untuk
kelincahan, power dan daya tahan dalam kebugaran jasmani serta
nilai tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri
|
3.
Mempraktikkan keterampilan senam
dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
3.1
Mempraktikkan keterampilan rangkaian
senam ketangkasan dengan menggunakan alat serta nilai percaya diri, kerjasama,
tanggungjawab, menghargai teman
3.2
Mempraktikkan keterampilan rangkaian
senam ketangkasan tanpa menggunakan alat serta nilai percaya diri, kerjasama,
tanggungjawab, menghargai teman
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
4.
Mempraktikkan aktivitas ritmik menggunakan alat dengan koordinasi dan
nilai nilai yang terkandung di dalamnya
|
4.1
Mempraktikkan keterampilan
aktivitas ritmik tanpa alat
dengan koordinasi gerak lanjutan serta nilai kedisiplinan, konsentrasi dan keluwesan
dan estetika
4.2
Mempraktikkan keterampilan aktivitas ritmik menggunakan alat serta
nilai disiplin, toleransi,kerja sama, keluesan dan estetika
|
5.
Mempraktikkan salah satu gaya
renang dan loncat indah dan nilai nilai yang terkandung di
dalamnya*)
|
5.1
Mempraktikkan keterampilan salah satu gaya renang untuk pertolongan serta nilai disiplin, keberanian, kerja sama, dan
kerja keras
5.2
Metakukan keterampilan loncat indah dari papan satu meter dengan
teknik serta
nilai disiplin, keberanian dan kerja keras
|
6.
Menerapkan
budaya hidup sehat
|
6.1
Memahami bahaya HIV/AIDS
6.2
Memahami cara penularan HIV/AIDS
6.3
Memahami cara menghindari penularan HIV/AIDS
|
Kelas XI,
Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
7.
Mempraktikkan berbagai keterampilan dasar permainan olahraga dengan
teknik dan taktik , dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya
|
7.1
Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan olahraga bola
besar serta
nilai kerjasama, kejujuran, kerja
keras dan percaya diri **)
7.2. Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu
permainan olahraga bola kecil serta nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras,
toleransi dan percaya diri**)
7.3. Mempraktikkan teknik salah atletik
dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai,
percaya diri**)
7.4. Mempraktikkan keterampilan teknik salah satu permainan olahraga bela
diri serta
nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, percaya diri.**)
|
8. Meningkatkan kualitas kebugaran jasmani
dan cara pengukurannya dan nilai
nilai yang terkandung di dalamnya
|
8.1
Mempraktikkan latihan sirkuit untuk peningkatan kebugaran jasmani serta
nilai tanggung jawab, disiplin, dan percaya diri
8.2
Mempraktikkan peningkatan beban latihan sirkuit untuk meningkatkan
kebugaran jasmani serta nilai tanggungjawab,
disiplin, dan percaya diri
8.3
Mempraktikkan tes untuk
mengukur tingkat kebugaran jasmani serta
nilai tanggungjawab, disiplin, dan
percaya diri
|
9.
Mempraktikkan keterampilan senam ketangkasan dengan alat dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya
|
9.1 Mempraktikkan keterampilan senam
ketangkasan dengan menggunakan alat lanjutan serta nilai percaya diri, kerjasama, tanggungjawab,
menghargai teman
9.2 Mempraktikkan keterampilan senam
ketangkasan tanpa menggunakan alat
lanjutan serta
nilai percaya diri, kerjasama, tanggungjawab dan menghargai teman
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
10. Mempraktikkan aktivitas ritmik menggunakan alat dengan koordinasi
yang baik dan nilai yang terkandung di
dalamnya
|
10.1 Mempraktikkan koombinasi gerak berirama
menggunakan alat dengan koordinasi serta nilai kedisiplinan, konsentrasi dan keluwesan
10.2 Merangkai aktivitas ritmik
menggunakan alat serta
nilai kedisiplinan, konsentrasi dan keluwesan
|
11. Mempraktikkan dasar pertolongan
kecelakaan di air dan nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya*)
|
11.1
Mempraktikkan keterampilan
kombinasi gerakan renang serta nilai disiplin, kerja sama serta
keberanian
11.2
Mempraktikkan keterampilan dasar pertolongan kecelakaan di air dengan
sistim Resusitasi Jantung dan Paru (RJP) serta nilai disiplin dan tanggungjawab
|
12. Mempraktikkan perencanaan dan keterampilan
penjelajahan, dan penyelamatan di alam bebas
dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya***)
|
12.1
Mempraktikkan keterampilan merencanakan penjelajahan di perbukitan
12.2 Mempraktikkan keterampilan dasar
penyelamatan penjelajahan di perbukitan
serta nilai disiplin, tanggungjawab dan keselamatan
|
13. Menerapkan budaya hidup sehat
|
13.1
Memahami cara pemanfaatan waktu luang untuk kesehatan
13.2
Menerapkan pola hidup sehat
|
Kelas XII, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1.
Mempraktikkan keterampilan permainan olahraga dengan peraturan yang sebenarnya
dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
1.1
Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan olahraga bola
besar lanjutan dengan peraturan yang
dimodifikasi serta
nilai kerjasama, kejujuran, toleransi, kerja keras dan percaya diri**)
1.2
Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan olahraga bola
kecil dengan peraturan yang dimodifikasi serta
nilai kerjasama, kejujuran, toeleransi, kerja keras dan percaya diri**)
1.3
Mempraktikkan teknik atletik dengan menggunakan peraturan yang
sesungguhnya serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri
**)
1.4
Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan olahraga bela
diri secara berpasangan dengan
peraturan yang sebenarnya serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai lawan, kerja keras,
percaya diri dan menerima kekalahan**)
|
2.
Mempraktikkan perancangan aktivitas pengembangan untuk peningkatan dan
pemeliharaan kebugaran jasmani
|
2.1 Merancang
program latihan fisik untuk pemeliharaan kebugaran jasmani serta
nilai tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri
2.2
Melaksanakan program latihan fisik sesuai dengan prinsip-prinsip
latihan yang benar serta nilai tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri
|
3.
Mempraktikkan rangkaian
gerak senam ketangkasan dengan konsep
yang benar dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya
|
3.1
Mempraktikkan keterampilan gerakan kombinasi rangkaian senam lantai serta nilai percaya diri, kerjasama,
tanggungjawab dan menghargai teman
3.2. Mempraktikkan keterampilan
gerakan kombinasi rangkaian senam
ketangkasan serta nilai percaya diri,
kerjasama, tanggungjawab, dan
menghargai teman
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
4.
Mempraktikkan satu rangkaian gerak berirama berbentuk aktivitas
aerobik secara beregu dengan diiringi musik dan nilai nilai yang yerkandung di dalamnya
|
4.1.
Mempraktikkan keterampilan gerak berirama senam aerobik serta
nilai kerjasama, kedisiplinan, percaya diri, keluwesan, dan estetika
4.2
Mempraktikkan keterampilan menyelaraskan antara gerak dan irama dengan
iringan musik serta
nilai kerjasama, disiplin, percaya diri, keluwesan, dan estetika
|
5.
Mempraktikkan berbagai gaya
renang lanjutan dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya*)
|
5.1
Mempraktikkan keterampilan
renang gaya
dada lanjutan serta
nilai disiplin, kerja keras dan keberanian
5.2
Mempraktikkan keterampilan
renang gaya
bebas lanjutan serta
nilai disiplin, kerja keras dan keberanian
5.3
Mempraktikkan keterampilan
renang gaya
punggung lanjutan serta nilai disiplin, kerja keras
dan keberanian
5.4
Mempraktikkan keterampilan berbagai gaya renang lanjutan lainnya serta nilai disiplin, kerja keras dan keberanian
|
Kelas XII, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
6.
Mempraktikkan keterampilan permainan olahraga dengan peraturan dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
6.1
Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan olahraga bola
besar dengan peraturan yang sebenarnya serta nilai kerjasama, kejujuran, menerima kekalahan,
kerja keras dan percaya diri**)
6.2
Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan olahraga bola
kecil dengan peraturan sebenarya serta nilai kerjasama, , kejujuran, menerima
kekalahan kerja keras dan percaya
diri**)
6.3
Mempraktikkan keterampilan atletik dengan menggunakan peraturan yang
sebenarnya serta nilai kerjasama, kejujuran, menerima kekalahan,kerja keras dan
percaya diri**)
6.4
Mempraktikkan keterampilan bela diri secara berpasangan dengan
menggunakan peraturan yang sebenarnya serta nilai kerjasama, kejujuran, menerima kekalahan
kerja keras dan percaya diri**)
|
7.
Memelihara tingkat kebugaran jasmani yang telah dicapai dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
7.1
Mempraktikkan program latihan fisik untuk pemeliharaan kebugaran
jasmani
7.2
Mempraktikkan membaca hasil tes bedasarkan tabel yang cocok
|
8.
Mengkombinasikan rangkaian gerakan senam lantai dan senam ketangkasan
dengan alat dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
8.1
Mempraktikkan rangkaian gerakan senam lantai serta
nilai percaya dirim, tanggung jawab, kerja sama, dan percaya kepada teman
8.2.
Mempraktikkan rangkaian gerakan senam ketangkasan dengan menggunakan
alat serta
nilai percaya diri, tanggungjawab,
kerja sama, dan percaya kepada teman
|
9. Mempraktikkan satu rangkaian gerak berirama
secara beregu dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
9.1
Mempraktikkan rangkaian gerak senam aerobik dengan iringan musik serta nilai kerjasama, disiplin, keluwesan dan
estetika
9.2
Mempraktikkan senam irama tradisional sesuai budaya daerah secara
berkelompok serta
nilai kerjasama, disiplin, percaya diri, keluwesan dan estetik
|
10. Mempraktikkan keterampilan
penguasaan berbagai teknik gaya
renang dan nilai-nilai yang terkandung
di dalamnya*)
|
10.1 Mempraktikkan keterampilan berbagai gaya renang untuk
kepentingan bermain di air dengan peraturan yang dimodifikasi serta
nilai disiplin, sportif, jujur, toleran, kerja keras, dan keberanian
10.2 Mempraktikkan keterampilan berbagai gaya renang untuk
estafet sesuai dengan peraturan yang dimodifikasi serta nilai disiplin,
sportif, jujur, toleran, kerja keras, dan keberanian
10.3 Mempraktikkan keterampilan berbagai gaya renang untuk
kepentingan pertolongan serta nilai disiplin, sportif, jujur, toleran, kerja
keras, dan keberanian
|
11.
Mengevaluasi kegiatan luar kelas/sekolah dan nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya***)
|
11.1 Mengevaluasi kegiatan di sekitar
sekolah serta
nilai percaya diri, kebersamaan, saling menghormati, toleransi, etika, dan
demokrasi
11.2 Mengevaluasi kegiatan di alam
bebas serta
nilai percaya diri, kebersamaan, saling menghormati, toleransi, etika, dan
demokrasi
11.3 Mengevaluasi kegiatan kunjungan ke
tempat-tempat bersejarah serta nilai percaya diri, kebesamaan, saling menghormati, toleransi,
etika, dan demokrasi
11.4 Mengevaluasi kegiatan karya wisata
serta
nilai percaya diri, kebersamaan, saling menghormati, toleransi, etika, dan
demokrasi
|
12. Mempraktikkan budaya hidup sehat
|
12.1
Mempraktikkan pola hidup sehat
12.2
Menampilkan perilaku hidup sehat
|
Keterangan
1.
*) Diajarkan sebagai kegiatan pilihan,
disesuaikan dengan situasi dan kondisi
sekolah
**) Materi pilihan, disesuaikan
dengan fasilitas dan peralatan yang tersedia
***) Diajarkan sebagai
kegiatan yang dapat dilakukan dalam semester 1 dan atau semester 2
2.
Untuk pembinaan peserta didik yang berminat
terhadap salah satu atau beberapa cabang tertentu dapat dilakukan melalui
kegiatan ekstra kurikuler
E. Arah
Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah
dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan
indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan
pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar
Penilaian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar